Kompas.com - 04/07/2015, 09:16 WIB
Wisatawan bermain snorkeling di ujung pantai Pulau Payung, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/5/2015). KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Wisatawan bermain snorkeling di ujung pantai Pulau Payung, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/5/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Peran teknologi informasi tidak dipungkiri berhasil mempengaruhi perkembangan dunia pariwisata Indonesia. Kehadiran media sosial yang membantu menyebarkan informasi dalam berbagai bentuk seperti foto, teks, dan video. Salah satu bentuk media sosial yang digunakan netizen untuk menyebarkan informasi pariwisata adalah Instagram.

"Peranan instagram cukup besar. Untuk pariwisata sendiri, banyak traveler sekarang ikut mulai berwisata setelah melihat foto di Instagram. Instagram menjadi platform efektif untuk menyebarkan informasi pariwisata," kata salah satu pengguna instagram dan narasumber acara Inspirasi Kelana, Dian Angge Anggraini kepada KompasTravel usai acara diskusi di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Aktif menggunggah foto di akun bernama @her_journeys, Angge mengatakan media sosial instagram juga merupakan media berbagi informasi yang dapat diandalkan. Dengan total 342 koleksi di album Instagram, ia mengunggah dokumentasi perjalanan berupa foto dan video dengan informasi tambahan berupa teks di bagian caption.

Begitupun dengan Rizal Agustin, narasumber dan instagramer yang turut ikut dalam perjalanan Tambora Challenge dari Harian Kompas ini juga mengakui bahwa instagram secara visual dapat menarik minat untuk mengetahui obyek wisata di Indonesia.

"Hampir semua orang kan punya gadget dan akun instagram. Dengan kita share (foto/video lewat Instagram) mereka (pengguna instagram) dapat mengetahui informasi yang kita share," katanya.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Jalur trekking puncak Gunung Parang, Desa Pasanggrahan, Tegalwaru, Purwakarta, Jumat (27/2/2015). Wisata alam hutan dan tebing gunung api purba ini jarang dikenal, meskipun hanya berjarak sekitar 70 kilometer dari ibu kota Jakarta.
Alasan lebih cepat untuk mendapatkan informasi juga diakui oleh narasumber lain. Meizal Rosi berpendapat jika Instagram memudahkan pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lain lewat kolom komentar.

"Instagram memudahkan engangement (dengan pengguna lain). Dalam hitungan detik, dapat langsung membalas komentar," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Instagram adalah suatu bentuk media sosial yang dapat diunduh secara gratis. Melalui Instagram, pengguna dapat menangkap momen dalam bentuk foto dan video dan kemudian diunggah. Fitur lain yang dapat digunakan adalah membagikan momen yang diunggah secara langsung ke media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X