Berenang di Tepian Pasifik

Kompas.com - 06/07/2015, 09:37 WIB
Bocah Papua mengisi waktu luang di pinggir teluk Yos Sudarso, Jayapura, Papua, Jumat (5/6/2015). KOMPAS/DANU KUSWORO Bocah Papua mengisi waktu luang di pinggir teluk Yos Sudarso, Jayapura, Papua, Jumat (5/6/2015).
EditorI Made Asdhiana
KEINDAHAN alam di kanan-kiri perahu motor cepat yang kami tumpangi. Di sisi kanan bola merah matahari mulai tenggelam di perairan yang masuk wilayah Samudra Pasifik itu. Di sisi kiri perahu, bulatan bulan penuh muncul dari permukaan laut, lalu secara perlahan naik semakin tinggi.

Perpaduan matahari terbenam dan munculnya bulan purnama tersaji dalam perjalanan dari Pulau Kosong menuju Pelabuhan Sarmi, Provinsi Papua, awal Juni lalu. Pulau Kosong yang diapit Pulau Liki dan Pulau Armo itu merupakan salah satu pulau terluar di utara Pulau Papua yang terletak di tepian perairan Samudra Pasifik.

Pulau Kosong adalah satu di antara 15 pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Sarmi. Pulau yang terdekat dari pelabuhan Sarmi adalah Pulau Sawar, sedangkan yang terjauh Pulau Liki. Semua indah, semua memiliki pasir putih halus, pantai jernih, dan sebagian dihiasi terumbu karang meskipun tentu tidak semenawan di kawasan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Pulau Kosong, begitu warga Sarmi menyebutnya, karena pulau itu tak berpenghuni, dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan menggunakan perahu cepat (speedboat) dari Pelabuhan Sarmi. Sebagian warga Sarmi juga menyebutnya dengan nama Pulau Mencari. Disebut demikian karena di pulau itu orang datang untuk mencari ikan atau buah-buahan yang tumbuh liar di hutan tengah pulau.

KOMPAS/DANU KUSWORO Air bening di lautan pulau kosong di Papua.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X