Kompas.com - 06/07/2015, 13:22 WIB
EditorI Made Asdhiana
Pulau Bangka di Provinsi Bangka Belitung selain memiliki pantai yang indah yang terkenal dengan pasir putihnya, juga terkenal dengan aneka kuliner yang patut diburu oleh para pecinta kuliner. Selain lezat, kuliner bangka merupakan paduan kuliner Melayu dan Tionghoa. Paling tidak dapat digolongkan menjadi delapan agenda perburuan.

1. Otak-otak

Masyarakat pulau Bangka pada umumnya suka jajan, itulah sebabnya jajanan banyak dikembangkan dan dijajakan baik pada pada pagi hari, maupun sore hari. Salah satu jajanan yang patut diburu adalah otak-otak. Otak-otak mudah dibuat di Bangka karena bahan dasarnya adalah ikan tenggiri. Otak-otak dibuat dengan bahan ikan dan tepung dikukus, lalu dibungkus daun dan dibakar. Di Bangka, otak-otak disajikan dengan taoco dan sambal terasi. Berbeda dengan di Jawa yang disantap dengan saus kacang.

Adalah Son Moy Chi, di  Jalan MH Muhidin, kawasan Garuda, Pangkal Pinang yang memiliki beragam variasi otak-otak. Selain otak-otak biasa, pempek di Bangka juga disebut otak-otak pula. Ada pempek rebus, pempek goreng, pempek bakar, ng piang atau kulit ikan dan bu jan atau talas goreng.

Sedangkan di Kota Belinyu terdapat Asam dengan otak-otak bentuk kotak dengan bumbu taoco atau sambel terasi juga, dipasarkan bersama pempek juga.

Penjaja otak-otak yang terkenal lainnya adalah otak-otak Amui, di Jalan Melintas 23, Pangkal Pinang. Yang dijual Otak-otak Belinyu, pempek dan talas goreng. Amui selain membuka gerai untuk makan di tempat juga memiliki spesialisasi untuk oleh-oleh yang siap dengan kotak dan bersedia mengantar ke hotel atau bandara. (Sutiono Gunadi)

Ada 7 lagi makanan khas Bangka. Baca kisah selengkapnya di Kompasiana: "Ayo Berburu Kuliner di Pulau Bangka"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kompasiana
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.