Kompas.com - 08/07/2015, 10:53 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorI Made Asdhiana

GOTHENBURG, KOMPAS.com - Menurut ramalan cuaca, hari Sabtu (27/6/2015) bakal turun hujan di Gothenburg, Swedia. Pagi itu memang sedikit mendung. Namun sebagian besar warga di Gothenburg tetap mengunjungi dermaga kota itu. Mereka tidak ingin ketinggalan menyaksikan lomba kapal layar paling ekstrem sedunia, Volvo Ocean Race.

Volvo Ocean Race disebut balapan paling ekstrem karena pesertanya perlu waktu sembilan bulan untuk sampai garis finish. Mereka harus melalui berbagai lautan paling ekstrem di dunia menggunakan kapal layar sepanjang 20 meter. Peserta juga harus menembus ombak yang bisa mencapai 30 meter tingginya, melintasi badai, nyaris basah sepanjang waktu, melewati malam-malam yang dingin dan sepi, serta tidak berhenti berpacu.

Balapan sendiri dibagi menjadi 9 etape, peserta berangkat dari Alicante, Spanyol, melalui Cape Town di Afrika Selatan, lalu ke Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, dilanjutkan ke Sanya, China; Auckland, Selandia Baru; Itajai, Brasil; Newport, AS; Lisbon, Portugal; Lorient, Perancis; baru finish di Gothenburg, Swedia.

“Volvo Ocean Race adalah perlombaan yang sangat panjang dan berat. Anda harus berjuang sampai batas kemampuan manusia siang dan malam tanpa henti,” ujar Knut Frostad, mantan atlet Olimpiade sekaligus peserta lomba dalam pernyataan yang dikutip buletin Ocean Race.

Dalam tulisan lain, Charles Caudrelier, pelaut yang berlomba bersama tim Dongfeng menyampaikan, “Ini adalah lomba olahraga paling lama di Bumi. Begitu Anda memutuskan ikut, sedikitnya Anda harus mengorbankan 18 bulan dari hidup untuk ini, mulai perencanaan hingga lomba selesai.”

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.