Wonosobo Layak Jadi Destinasi Wisata

Kompas.com - 09/07/2015, 18:09 WIB
Pintu masuk pendakian Bukit Sikunir, Dataran Tinggi Dieng, di Desa Sumbungan, Kejajar, Wonosobo, Jateng, Sabtu (1/11/2014). Dieng menawarkan keindahan sekaligus ancaman, karena dataran tingginya terbentuk dari gunung berapi yang kini masih mengeluarkan gas. KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYATPintu masuk pendakian Bukit Sikunir, Dataran Tinggi Dieng, di Desa Sumbungan, Kejajar, Wonosobo, Jateng, Sabtu (1/11/2014). Dieng menawarkan keindahan sekaligus ancaman, karena dataran tingginya terbentuk dari gunung berapi yang kini masih mengeluarkan gas.
EditorI Made Asdhiana
WONOSOBO, KOMPAS.com - Paguyuban Pelaku Wisata (PPW) Jawa Tengah mengakui Wonosobo layak menjadi destinasi wisata, baik untuk wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegera.

"Obyek wisata di Wonosobo yang mengandalkan keindahan alam dan potensi budaya sangat menarik, terlebih bila kelak ada sentuhan kreatif sehingga bisa membuat wisatawan semakin betah," kata Ketua PPW Jateng, Nazri di Wonosobo, Rabu (8/7/2015).

Ia mengatakan potensi obyek wisata yang dimiliki Wonosobo luar biasa. Selain Dataran Tinggi Dieng yang menjadi unggulan, tempat-tempat lain seperti Telaga Menjer, Kalianget, hingga Waduk Wadaslintang juga sangat potensial untuk dikembangkan.

Ia menuturkan khusus untuk obyek wisata di Dieng, yang berada di dua wilayah kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara, PPW Jateng mendorong agar ada upaya sinkronisasi penarikan retribusi sehingga lebih memudahkan bagi wisatawan yang berkunjung.

"Beberapa kendala seperti belum adanya sinkronisasi retribusi di obyek wisata Dieng dan seringnya terjadi longsor di bahu jalan menuju Dieng diharapkan bisa ditangani pihak-pihak terkait," katanya.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pendaki menginap di tenda dekat danau Cebongan yang merupakan danau vulkanik di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (1/11/2014). Dieng menawarkan keindahan sekaligus ancaman, karena dataran tingginya terbentuk dari gunung berapi yang kini masih mengeluarkan gas.
Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengapresiasi masukan Ketua PPW Jateng tersebut. "Saran dan masukan dari para pelaku wisata kami upayakan ditindaklanjuti untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wonosobo," katanya.

Agus mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini, pihaknya tengah gencar mempromosikan obyek wisata baru yang bisa menjadi alternatif kunjungan bagi wisatawan.

"Selain obyek wisata sunrise di Dataran Tinggi Dieng, kini kami berusaha mengenalkan Bukit Seroja di kawasan Telaga Menjer serta Lubang Sewu di kawasan Waduk Wadaslintang," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X