Kompas.com - 15/07/2015, 09:49 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki keterbatasan dalam fisik tak membuat mimpi Shinta Utami (31) untuk menjelajahi dunia berhenti. Sebelumnya, sejak umur empat tahun ia telah mengalami penyakit polio yang mengakibatkan kesulitan dalam berjalan. Mimpi ini telah dirajut sejak ia memiliki motor yang telah dimodifikasi khusus untuknya.

“Mimpi keliling dunia naik motor itu pas 2013, pas belajar motor. Direncanakan sih sudah berbulan-bulan tapi gak berani. Sampai satu titik merasa umur sudah 30 tahun kok belum jalan-jalan. Tapi akhirnya aku berani,” kata Shinta saat ditemui KompasTravel di Jakarta, Sabtu (11/7/2015) lalu.

Mimpi untuk keliling dunia bukanlah tanpa tujuan. Shinta memiliki mimpi untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk tetap mengejar mimpi dalam segala keadaan. Ia mengatakan mimpinya diawali dengan perjalanan keliling Indonesia. Titik keberangkatannya diawali di tanah kelahirannya yaitu Pekanbaru.

“Saya sudah sampai Merauke. Dari jalan darat, menyeberang, naik dan turun bukit. Tujuan akhirnya saya nanti di Aceh. Semoga perjalanan saya dapat menginspirasi masyarakat Indonesia,” ucap wanita lulusan jurusan Psikologi ini.

Untuk menjelajah, ia memilih menggunakan motor yang dimodifikasi untuk mengakomodasi kebutuhan khususnya. Dengan motor tersebut, Shinta bertemu orang-orang di perjalanan yang memperkaya pengetahuannya tentang Indonesia.

Dengan pengetahuan yang Shinta dapatkan, ia menuliskan kembali di dalam blog yang dimilikinya. Shinta berharap para pembaca blognya dapat terinspirasi melalui perjalanan yang ia lakukan.

“Mendapatkan pengetahuan lewat sekolah itu penting. Namun bukan berarti pengetahuan tidak ada di luar sekolah. Anak-anak bisa belajar dari lingkungannya,” tutur wanita yang pernah berprofesi sebagai guru ini.

Shinta memulai perjalanannya dari Pekanbaru pada Oktober 2014. Ia berkeliling Indonesia seorang diri motor yang telah dimodifikasi oleh ayahnya. Tulisan perjalanannya dapat dibaca di blog yang beralamat limitedwithoutlimits.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.