Kompas.com - 15/07/2015, 17:00 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Beberapa jalur selatan Jawa terkenal berkelok dan terjal. Ada juga yang berbahaya dilewati pada musim-musim tertentu. Padahal, banyak tempat wisata bisa ditemukan di jalur ini yang kerap dipakai para pemudik lebaran.

Namun, kengeriannya menyimpan sejuta kisah. Berikut cerita di balik dua trek jalan yang membutuhkan kehati-hatian ekstra pengemudi di jalur selatan Jawa ini:

Jalan Raya Krumput

Jalan ini biasa dilewati pengemudi jalur selatan jawa, yaitu antara Purwokerto dan Yogyakarta. Lokasinya tepat berada di sepanjang kecamatan Kemrajen, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Jalan Raya Krumput menelusuri perbukitan kebun karet. Treknya berkelok. Sebagian menanjak, sebagian lagi menurun. Jarang sekali mendatar. Tak heran, banyak mobil gagal tancap gas di tanjakan tinggi. Kendaraan kerap mogok dan biasanya membuat macet.

Lebih lagi, walau teraspal rapi, jalan Krumput tidaklah lebar. Jalan menyempit dan hanya dua lajur saja.

Menariknya, jalur ini menyimpan cerita yang dikisahkan turun temurun antar generasi oleh penduduk sekitar. Konon, jalan ini adalah tempat terbunuhnya ribuan tentara Jepang pada masa penjajahan.

Mereka percaya, untuk menenangkan para arwah itu dibutuhkan makanan sesaji. Hal ini supaya orang yang melewati jalan Krumput selamat sampai tujuan. Pada perkembangannya, hidangan sesaji kemudian berubah menjadi uang logam. Inilah awal kebiasaan pengemudi melemparkan koin ke jalan Krumput. 

DOK. KOMPASIANA Kebiasaan pengendara melempar logam lalu mengundang warga sekitar untuk “nongkrong” di sisi jalan memungut koin. Berbahaya memang.

Pada malam hari pun, penduduk Krumput masih duduk santai ditemani nyala obor. Hikmahnya, pengemudi malam bisa menambah jarak pandang.

Jalan Krumput memang terkenal gelap mencekam di malam pekat. Tak banyak lampu penerang jalan. Pengemudi hanya bermodal lampu kendaraan saja. Jadi, jika ini adalah perjalanan pertama Anda, ada baiknya memilih berkendara saat hari masih terang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.