Kompas.com - 17/07/2015, 08:16 WIB
Kamar di Hotel Santika Tasikmalaya Dok. Hotel Santika TasikmalayaKamar di Hotel Santika Tasikmalaya
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS — Masa Lebaran 2015 ini hotel di Kota Bandung, Jawa Barat, dipenuhi wisatawan. Tingkat okupansi relatif tinggi, hingga Kamis (16/7/2015), tingkat hunian kamar rata-rata sudah mencapai 90 persen.

"Untuk hari ini, H-1 Lebaran, okupansi sudah mencapai 90 persen. Namun, untuk Lebaran kedua (tanggal 18 Juli 2015) sampai tanggal 20 Juli, okupansi mencapai 100 persen. Dari empat tipe kamar, semuanya telah dipesan," kata Asisten Public Relations Manager Novotel Hotel Bandung Ernita Chandrayani, Kamis, di Bandung.

Menurut Ernita, wisatawan yang menginap umumnya berasal dari Jakarta dan sekitarnya dan mereka juga berasal dari kalangan keluarga.

Di masa libur Lebaran ini, meski tarif relatif tinggi, hotel tetap diserbu wisatawan. Di Hotel Novotel Bandung, walaupun tarif kamar superior sudah dinaikkan dari Rp 880.000 per malam menjadi Rp 1,5 juta per malam, seluruh kamar telah habis dipesan. Dari total 156 kamar yang tersedia di hotel bintang empat ini semua sudah habis dipesan sampai tanggal 20 Juli.

"Umumnya wisatawan yang datang ingin mencoba kuliner di Bandung, apalagi sekarang juga banyak tren kuliner yang baru. Tempat wisata lainnya di pusat kota Bandung juga menjadi perhatian wisatawan," ucap Ernita.

Secara terpisah Marketing Communication Manager Ibis Bandung Hotel Trans Studio Dina Novia Faisal mengemukakan, tingkat hunian hotel sampai hari ini sudah mencapai 90 persen. "Rata-rata tamu menginap untuk tiga hari," ujar Dina Novia Faisal. Menurut Dina, di masa Lebaran ini, tarif kamar telah dinaikkan dari Rp 750.000 per malam menjadi Rp 1,5 juta per malam.

Walaupun tidak seramai tahun lalu, pada masa Lebaran 2015 ini sejumlah hotel di Bandung pada umumnya sudah penuh dipesan.

"Memang kamar sudah dipesan seluruhnya hingga tanggal 20 Juli, tetapi paket Lebaran tahun ini penuh diskon," ujar General Manajer Santika Bandung Hikmat Nugraha. Menurut Hikmat, permintaan terus berdatangan, tetapi ketersediaan kamar hotel di Bandung juga masih terbuka. Sebagian besar pemesan itu adalah pengunjung dari Jakarta yang berwisata ke Bandung dan sekitarnya.

Hal senada disampaikan General Manager Hotel Amaris Catur Prasetya. Dua hotel Amaris di bawah pengelolaannya yang terletak di Jalan Cimanuk, kawasan Gedung Sate (Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat), dan Jalan Cihampelas, Bandung, sudah penuh hingga Senin (20/7/2015). "Bedanya, kalau Lebaran tahun lalu kita banyak menolak pesanan, sekarang untuk mencapai 100 persen itu penuh perjuangan," ujarnya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.