Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Cuaca Buruk, 700 Wisatawan Batal ke Karimun Jawa

Kompas.com - 19/07/2015, 11:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - Cuaca buruk berupa ombak tinggi dan angin kencang selama sepekan terakhir mempengaruhi pariwisata Karimun Jawa. Hal itu menyebabkan para wisatawan tidak dapat menyeberang ke Karimun Jawa dari Pelabuhan Jepara.

"Kemarin informasi terakhir dari temen-temen Asita Jawa Tengah, 700 wisatawan batal ke Karimun Jawa. Dari agen saya memulangkan 20 wisatawan lokal," kata pemilik agen wisata Wisetra Organizer, Donna Ekawati yang juga menjadi pemandu wisata "Let's Go Karimun Jawa" kepada KompasTravel di sela-sela perjalanan KM Binaiya, Jepara, Minggu (19/7/2015).

Donna mengatakan wisatawan-wisatawan tersebut berasal dari Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, bahkan wisatawan mancanegara dari Belanda. Ia menjelaskan pembatalan tersebut demi alasan keamanan para wisatawan. Untuk jadwal keberangkatan kapal selanjutnya masih dalam konfirmasi.

"Kapal penyeberangan Kartini dari Semarang nanti baru ada tanggal 30 Juli. Kalau Cantika Ekspress seharusnya sudah berangkat hari ini tapi masih dalam konfirmasi dari Syah Bandar untuk izin tinggi ombak minimal," katanya.

Humas PT Pelni Ahmad Sujadi menambahkan penyeberangan di Pelabuhan Jepara masih menunggu cuaca membaik dan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). "Kalau belum aman, kita belum bisa melayani penyeberangan," katanya.

Pantauan KompasTravel, Sabtu (18/7/2015) terdapat lima wisatawan mancanegara berada di Pelabuhan Tanjung Mas. Karena tidak ada kapal yang melayani penyeberangan, mereka gagal berangkat menuju Karimun Jawa.

Karimun Jawa merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang diminati para wisatawan di utara Jawa Tengah. Wisatawan dapat menikmati atraksi wisata seperti menyelam, bermain di pantai, banana boat, dan jelajah mangrove.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com