Ajak Keluarga, Menyibak Misteri 7 Gua di Jalur Selatan Jawa!

Kompas.com - 20/07/2015, 08:05 WIB
Penelusur gua John Spies/Barcroft MediaPenelusur gua
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Gua menyimpan kekayaan alam sekaligus misteri yang begitu mengundang untuk ditelusuri. Masuk ke kegelapan perut bumi memberikan sensasi mendebarkan. Nah, libur Lebaran mungkin bisa dijadikan momen tepat berpetualang bersama keluarga.

Asyiknya, sepanjang Jalur Selatan Jawa yang identik dengan jalur mudik ini juga menyimpan banyak wisata gua alami. Tentu, terlalu sayang jika tantangan tersebut dilewatkan, terutama bagi para pemudik yang akan kembali ke kota-kota besar di Jawa Barat. Berikut gua-gua yang patut disinggahi di libur Lebaran ini:

Gua Tetes, Lumajang

Gua ini menawarkan keindahan ragam gradasi warna stalagtit dan stalagmit. Gua Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Jarak tempuhnya sekitar 55 kilometer ke arah selatan dari kota Lumajang.

Anda harus melanjutkan petualangan sepanjang 3 kilometer dengan berjalan kaki. Tapi, semua peluh akan terbayar tuntas saat memandang deretan tebing berwarna kuning keemasan berlapis belerang. Lengkap dengan sulur hijau menawan.

Di samping kanan kirinya jatuh tetesan air terjun nan indah. Perpaduan antara tebing lumut hijau dan tetesan air terjun.

Gua Lowo, Trenggalek
Tak hanya terkenal dengan keindahan pantai, Trenggalek juga menyimpan misteri sepanjang 2 kilometer di perut bumi. Gua Lowo di desa Watuagung, Kecamatan Watulimo ini memiliki jarak tempuh 30 kilometer dari Kota Trenggalek.

Dr Robert K Kho, ahli gua asal Prancis menyebut Gua Lowo sebagai gua alam terbesar se-Asia Tenggara. Saking besarnya, baru sekitar 800 meter dan sembilan ruang saja yang bisa dijelajah. Sisanya terlalu berbahaya karena sungai di dasar gua sangat liar saat pasang.

KOMPAS.com Gua Gong, Pacitan

Gua Gong, Pacitan

Keunikan Gua Gong dapat Anda nikmati dengan berkendara 30 kilometer sebelah barat Pacitan menuju Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Bomo, Kecamatan Punung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X