Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya 7 Turis Tiongkok Itu ke Karimun Jawa Menggunakan Kapal Pelni

Kompas.com - 20/07/2015, 09:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - Tidak ada kapal penyeberangan dari Pelabuhan Jepara menuju Karimun Jawa karena cuaca buruk, 7 wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok dialihkan oleh agen perjalanan lokal untuk mengikuti program wisata bahari "Let's Go Karimun Jawa" dari PT Pelni.

"Kemarin sehari sebelum keberangkatan, saya dihubungi agen perjalanan untuk mengakomodir wisatawan Tiongkok tersebut. Mereka tidak bisa menyeberang lewat Jepara," kata Humas PT Pelni, Ahmad Sujadi kepada KompasTravel di sela-sela program wisata, di Jepara, Minggu (19/7/2015).

Ahmad mengatakan tujuh orang wisatawan asal Tiongkok tersebut sebelumnya telah bergabung oleh agen perjalanan lokal dan kemudian mendaftar pada kelas ekonomi pada program wisata bahari PT Pelni ini. Ia menambahkan mereka adalah satu-satunya kelompok wisman yang mengikuti wisatawan ini.

Pantauan KompasTravel, kelompok wisatawan asal Tiongkok tersebut terdiri dari enam orang pria dan satu orang wanita. Mereka mengikuti program snorkeling di Pulau Menjangan Kecil dan mengunjungi penangkaran ikan hou di Pulau Menjangan Besar. "Saya datang ke Jepara. Kemudian tidak ada kapal di sana. Jadi saya diarahkan untuk ikut kapal ini," kata salah wisatawan asal Tiongkok, Wan Wu saat dikonfirmasi KompasTravel.

Wan Wu menjelaskan keinginannya datang ke Karimun Jawa berdasarkan rekomendasi dari teman asal Indonesia. Ia mengatakan teman-temannya ingin melihat keindahan Karimun Jawa sehingga tidak ingin membatalkan perjalanan.

Sebelumnya, menurut pemilik agen wisata Wisetra Organizer, Donna Ekawati lebih dari 700 orang wisatawan batal menuju Karimun Jawa karena cuaca buruk. Agen-agen wisata beralasan tidak ada penyeberangan menuju Karimun Jawa dari pelabuhan sehingga membatalkan paket perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com