Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Candi Kedulan Akan Dilengkapi Fasilitas Edukasi Sejarah

Kompas.com - 24/07/2015, 08:41 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Candi Kedulan yang saat ini masih dalam proses ekskavasi diproyeksikan menjadi pusat studi Volcano Arkeologi. Guna melengkapi sebagai kawasan studi Volcano Arkeologi, Candi Kedulan akan dilengkapi dengan fasilitas edukasi sejarah, mulai dari peristiwa terpendam vulkanik Gunung Merapi sampai proses pemugarannya.

"Sampai saat ini proses ekskavasi masih berjalan," ujar Wahyu Astuti Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Kamis (23/07/2015).

Wahyu Astuti menuturkan, dari hasil ekskavasi sudah ditemukan candi utamanya, dan candi perwara. Hanya, candi utamanya masih belum didirikan di tempat semula, baru diletakkan di sisi Barat.

Guna mendukung sebagai pusat Volcano Arkeologi, lanjutnya, di kawasan Candi Kedulan akan diisi dengan dokumentasi-dokumentasi yang sifatnya edukasi sejarah. "Akan diisi dokumentasi peristiwa-peristiwa yang terjadi di Candi Kedulan itu sebagai edukasi," katanya.

Dokumentasi yang ditampilkan lanjutnya mulai dari peristiwa Candi Kedulan terpendam material vulkanik Merapi sebanyak dua kali. Lalu Candi Kedulan juga pernah dijadikan kolam pemancingan oleh warga dan hingga proses pemugaranya. "Kita harapkan tahun 2019 sudah selesai," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com