Kompas.com - 24/07/2015, 11:17 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS — Pada libur Lebaran tahun ini, jumlah wisatawan di Kepulauan Seribu, khususnya di pulau-pulau berpenghuni, meningkat hingga 11 persen. Pengunjung resor bahkan naik empat kali lipat lebih. Namun, fasilitas transportasi bagi pengunjung sangat kurang dan rawan kecelakaan.

Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, jumlah kunjungan di 10 pulau berpenghuni, dari 11 pulau berpenghuni yang ada, tercatat mencapai 35.392 orang. Jumlah ini meningkat 11,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 30.019 orang.

Jumlah wisatawan di enam pulau resor pada 2014 lalu hanya 496 orang, sedangkan tahun ini mencapai 2.213 orang.

"Hal ini menunjukkan wisata di Kepulauan Seribu semakin dilirik orang. Di Pulau Harapan, wisatawan mencapai 8.180 orang, dari tahun lalu yang hanya 2.783 orang," ujar Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu Irfal Guci saat dihubungi pada Rabu (22/7/2015).

Selain Pulau Harapan, Pulau Pramuka juga mengalami lonjakan wisatawan. Dari 2.422 orang menjadi 4.341 orang. Hal yang sama juga terjadi di enam pulau resor, dari tujuh pulau yang ada.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Penumpang berjejalan di lantai kapal saat perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jumat (13/3/2015). Pulau Tidung merupakan salah satu pulau wisata di Kepulauan Seribu yang dikunjungi banyak wisatawan. Kapal kayu tradisional menjadi transportasi utama menuju kawasan ini karena kapal cepat milik pemerintah tidak beroperasi.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.