Kompas.com - 24/07/2015, 15:36 WIB
Anak-anak ikan hiu di kolam penangkaran yang terletak di Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). KOMPAS.com/Wahyu Adityo ProdjoAnak-anak ikan hiu di kolam penangkaran yang terletak di Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
JEPARA, KOMPAS.com - Puluhan anak ikan hiu meliuk-liuk di kolam penangkaran hiu Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa, Jawa Tengah. Ikan yang dikenal  ganas tersebut tapi berhasil menarik perhatian wisatawan yang berkunjung. Seperti wisatawan dari Jakarta yang mengikuti paket wisata Bahari dari PT Pelni, Benny Sinaga yang sempat berfoto di dalam kolam bersama anak-anak hiu.

Setelah Benny, beberapa wisatawan lain ikut mencoba untuk berfoto. Namun sebelumnya, Agus Hermawan memberikan beberapa tips berfoto bersama anak-anak ikan hiu untuk para wisatawan. Berikut tips-tips dari Agus Hermawan agar tetap aman ketika berfoto dengan anak-anak ikan hiu di dalam penangkaran.

Berdarah? Lebih Baik Jangan

Wisatawan yang hendak berfoto, hendaknya melihat dan memastikan terlebih dahulu kondisi fisik. Coba lihat apakah ada bagian tubuh yang terluka dan mengeluarkan darah. Jika wanita yang sedang menstruasi, Agus menyarankan untuk tidak turun ke kolam.

Kontrol Gerakan Tangan

Ketika telah berada di dalam kolam penangkaran hiu, wisatawan hendaknya mengontrol gerakan tangan. Gerakan tangan yang berlebihan akan memancing anak-anak ikan hiu untuk mendekat. Anak-anak ikan hiu tersebut mengira ada makanan yang dapat dimakan.

Cuci tangan

Ikan hiu adalah predator bagi ikan-ikan yang berukuran lebih kecil. Jika usai memakan ikan, disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan bau amis pada tangan dan juga mencegah menarik perhatian anak-anak ikan hiu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.