Kompas.com - 25/07/2015, 10:28 WIB
Lempah kuning ikan tenggiri khas Bangka Belitung. BANGKA POS/ALZA MUNZILempah kuning ikan tenggiri khas Bangka Belitung.
EditorI Made Asdhiana
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Lempah kuning ikan tenggiri tetap menjadi sajian khas kuliner di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Biasanya, kuliner yang satu ini dipadupadan bersama lalapan lengkap dengan rusip (ikan fermentasi), lempah kates (pepaya) dan tumis akar keladi.

Keakraban lidah  masyarakat Bangka Belitung terhadap rasa lempah kuning sangat dekat. Kuliner ini sudah menjadi menu wajib.

Jika malas masak sendiri, Warung Yu’ May di Jalan Kapten Suraiman Arief (Kampung Tengah), Pangkalpinang, menjadi lokasi favorit warga menikmati lempah kuning atau lempah keladi.

BANGKA POS/ALZA MUNZI Warung Yu’ May di Jalan Kapten Suraiman Arief (Kampung Tengah) Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung menjadi lokasi favorit warga menikmati lempah kuning atau lempah keladi.
Atau bagi pelancong yang sedang berada di Kota Pangkalpinang dan bingung mencari tempat makan khas Bangka, Warung Yu’ May direkomendasikan Tribun Travel.

Perhatikan waktu jualannya karena sejak buka pukul 08.30 sampai pukul 13.00, warung ini jarang sepi pembeli.

Citarasa lempah kuning berbahan dasar kunyit, mengundang selera makan karena manis, renyah, asam, pedas menyatu di lidah. Karena itulah alasan para penyuka kuliner mengidolakan hidangan ini.

Warung Yu' May tidak hanya soal lempah kuning, juga ada sajian pindang ikan, lalapan plus rusip, tumis keladi, tumis genjer, lempah daging kedondong, ikan asam pedas, sotong goreng dan masih banyak menu lainnya.

Selain banyak yang makan di tempat, warung ini juga melayani pemesanan dibawa pulang. Pelanggan biasanya cukup menelpon menu apa saja yang ingin dipesan, setelah selesai barulah diambil.

Selain itu tak sedikit warga Bangka yang baru datang dari luar yang ingin mengobati kerinduan menyantap makanan khas Bangka di warung ini.

Menu makanan yang disajikan warung ini fresh, Anda pun harus bersabar beberapa menit saja menunggu suguhan ikan lempah ataupun pindang dengan uap panas yang menggoda tersaji di atas meja lengkap dengan sambal terasi. Hmm... ingin mencoba? (Alza Munzi)



Sumber Bangka Pos
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X