Kompas.com - 27/07/2015, 10:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
LAMPUNG TIMUR, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur menawarkan obyek wisata Way Kambas dapat dikelola oleh pihak ketiga terutama dalam pengelolaan wisata konservasi gajah jinak terdidik dan terlatih.

Kepala Balai TNWK Lampung, Dulhadi di Way Kambas, Minggu (27/7/2015) mengatakan pihaknya mempersilakan bagi siapa saja pihak ketiga yang ingin mengelola obyek wisata di Pusat Konservasi Gajah/Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas itu.

"Kepada pihak ketiga yang ingin mengelola obyek wisata di Taman Nasional Way Kambas di sini, dipersilakan," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Balai TNWK ini menegaskan bahwa atraksi gajah di pusat konservasi satwa itu dihentikan, karena tarif hiburan tersebut belum diatur di dalam peraturan pemerintah yang berlaku.

Dulhadi menjelaskan, penutupan dan penghentian atraksi gajah yang biasanya bisa dinikmati para pengunjung di Pusat Konservasi Gajah (dulu Pusat Latihan Gajah/PLG) Way Kambas itu, karena penerimaan dana yang dipungut dari pengunjung pada atraksi tersebut belum diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Dia menjelaskan, Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2014 itu hanya mengatur tentang tarif masuk pengunjung dan tarif kendaraan, sementara tarif hiburan gajahnya belum diatur.

"Alasan penutupannya itu, karena adanya edaran dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup agar atraksi dan hiburan gajah dihentikan," ujarnya, saat dihubungi Antara melalui telepon genggamnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.