Melihat Bedug Pendowo, Bedug Raksasa dari Purworejo

Kompas.com - 28/07/2015, 14:17 WIB
Pengunjung berfoto dengan bedug pendowo di Masjid Darul Muttaqin Purworejo, Jawa Tengah KOMPAS.com/Mentari ChairunisaPengunjung berfoto dengan bedug pendowo di Masjid Darul Muttaqin Purworejo, Jawa Tengah
|
EditorI Made Asdhiana

PURWOREJO, KOMPAS.com - Masjid kerap dijadikan sebagai destinasi wisata bagi para pelancong. Keunikan arsitektur hingga sejarah yang tersimpan dalam rumah ibadah ini menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang untuk dikunjungi.

Seperti halnya Masjid Darul Muttaqin Purworejo, Jawa Tengah. Sekilas, tidak ada yang istimewa dari bangunan masjid yang berdiri sejak tahun 1834 tersebut. Namun, saat melangkah ke dalam, pandangan mata akan tertuju pada sebuah bedug raksasa yang berada tepat di sebelah kiri serambi masjid.

KOMPAS.com/Mentari Chairunisa Bedug pendowo merupakan bedug raksasa yang dibuat pada abad ke-18 dan dinobatkan sebagai bedug terbesar di dunia kala itu.

Bedug Pendowo, begitulah bedug ini biasa disebut. Benda berbentuk tabung tersebut memiliki diameter sepanjang rentangan tangan orang dewasa. Tak heran jika bedug pendowo menjadi daya tarik tersendiri bagi masjid yang berada tepat di sebelah barat Alun-alun Purworejo.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X