Kompas.com - 01/08/2015, 08:13 WIB
Kesenian kenthongan khas Banjarnegara, Jawa Tengah, yang biasa disebut tek tek memeriahkan kegiatan di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, beberapa waktu lalu. KOMPAS/AGUS SUSANTOKesenian kenthongan khas Banjarnegara, Jawa Tengah, yang biasa disebut tek tek memeriahkan kegiatan di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, beberapa waktu lalu.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Provinsi Jawa Tengah Trenggono mengemukakan tiga kabupaten, yakni Cilacap, Banyumas dan Purbalingga bakal ikut menyemarakkan Festival Serayu Banjarnegara 2015.

"Ketiga kabupaten tersebut dan tuan rumah Kabupaten Banjarnegara akan menampilkan pentas seni terintegrasi di Stadion Kolopaking, Banjarnegara, 26 Agustus. Pementasan merupakan bagian dari Festival Serayu Banjarnegara 2015," katanya di Banjarnegara, Rabu (29/7/2015).

Trenggono mengatakan hal itu di sela-sela rapat persiapan kegiatan bersama di ruang rapat Dinbudpar Kabupaten Banjarnegara. Menurut dia, pentas seni terintegrasi sebagai bagian kegiatan bersama untuk promosi wisata yang digilir di beberapa kabupaten dengan dikoordinasi Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil).

Ia mengatakan bahwa di wilayah Bakorwil III yang meliputi eks Keresidenan Banyumas dan Pekalongan pada tahun 2014 telah digelar kegiatan bersama di Banyumas dengan ikon Gemuruh Serayu, tahun 2015 di Banjarnegara dengan tema Festival Serayu, dan tahun 2016 di Purbalingga berupa Festival Gunung Slamet.

"Melalui kegiatan bersama ini diharapkan ada sinergi dan kerja sama yang baik antarkabupaten dalam memromosikan destinasi wisatanya," katanya.

Menurut dia, kegiatan bersama yang dipusatkan di Banjarnegara itu juga untuk memeriahkan Festival Serayu yang digarap Pemerintah Kabupaten Banjarnegara serta Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Festival Desa Wisata se-Jateng yang digarap Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ia mengatakan bahwa kegiatan bersama itu akan memberikan dampak positif bagi perkembangan wisata di Banjarnegara dan sekitarnya.

"Akomodasi penginapan tentunya akan ramai dipesan, begitu juga dengan kulinernya," kata Trenggono.

Berdasarkan perencanaan, kata dia, Jambore Pokdarwis akan digelar pada tanggal 26-29 Agustus sedangkan Festival Desa Wisata pada tanggal 28-30 Agustus 2015 dan seluruh kegiatan akan dipusatkan di Alun-alun Banjarnegara.

Kepala Dinbudpar Banjarnegara Azis Achmad mengatakan bahwa pentas seni terintegrasi akan ditampilkan pada pembukaan sejumlah kegiatan yang dipusatkan di Stadion Kolopaking, Banjarnegara.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.