Kompas.com - 01/08/2015, 15:04 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Perhelatan Sanur Village Festival (SVF) ke sepuluh yang akan digelar pada tanggal 26 sampai 30 Agustus 2015 dengan tema "Dasa Warsa" di Maisonette Area, Segara Beach, Sanur Bali.

Sanur Village Festival 2015 akan merangkai kegiatan seperti yang telah dilaksanakan sebelumnya, namun dengan kemasan yang terus diperbaharui. Beberapa program yang akan dilaksanakan antara lain bertema lingkungan hidup, festival dan pameran, kuliner, seni rupa dan fotografi, kegiatan fun dan sport, serta dialog seni dan budaya.

SanurRun, akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus dengan 3 kategori: 10K open untuk umum (ekspat, dan pengunjung lokal maupun mancanegara), 5K, dan kid's dash dengan rute sejauh 400m untuk anak umur 5-6 tahun dan1 KM untuk anak usia 7-9 tahun. Peserta akan mulai dari pantai Mertasari pukul 6 pagi.Pendaftaran Online bisa dilihat di www.sanurun.com. Peserrta SanuRun dapat menghirup hawa pantai, nyaman dan sukaria menikmati aktivitas budaya desa yang lengkap dengan sarana pendukung pariwisata.

Program Lingkungan hidup meliputi bersih-bersih pantai, pelepasan tukik, dan penanaman Terumbu Karang yang melibatkan murid sekolah, pelaku wisata dan LSM setempat.

Festival dan pameran meliputi Sanur Kreatif Ekspo, Agrowisata Expo, Pagelaran musik dan Kesenian, Parade Budaya, dan Bazaar Tanaman Hias. Sanur Kreatif Expo akan memamerkan hasil seni kerajinan yang menjadi suguhan pendukung pariwisata industri sekaligus menjadi ajang temu kreatif, temu dagang, dan kontak bisnis.

Seni rupa dan fotografi meliputi painting on the spot, body painting dan art untuk umum, lomba foto dan pameran fotografi. Ada dua kategori dalam lomba fotografi, yakni siswa dan umum. Pameran akan diadakan di Griya Santrian dari seminggu sebelum event dimulai hingga seminggu setelah event selesai.

Kegiatan Fun dan Sport meliputi international kite festival, fun games, parade jukung, lomba memancing, Kid Zone, Village Cycling Tour, lomba surfing dan yoga. Sanur Open Golf Tournament akan diadakan selama dua hari dari tanggal 29 – 30 Agustus di Bali Beach Golf Course.

Balinale akan menayangkan film-film pendek setiap sore selama event berlangsung di area Trans Village.

Program kuliner meliputi Festival makanan dan Food Heritage. Sedangkan kegiatan yang baru pertama kali diadakan yakni lomba mewarnai untuk anak akan diadakan pada tanggal 29 Agustus.

"Jika kita tidak memiliki aktivitas unggulan pariwisata, pariwisata Bali akan stagnan dan pelan-pelan dikawatirkan dapat ditinggalkan turis," ungkap Ketua Umum Sanur Village Festival, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, akrab dikenal sebagai Gusde yang juga Ketua PHRI Denpasar itu.

Dia berharap berbagai upaya yang selama ini dimasukkan dalam muatan SVF yang bukan saja pada ajang kemeriahan, namun juga kegiatan kepedulian terhadap budaya, lingkungan, kebersihan, dan ketertiban, menjadi bagian penting dalam menciptakan dan mengawal pariwisata yang berkualitas.

Dari sejumlah kegiatan yang melibatkan kesadaran masyarakat maupun pemerintah serta pelaku pariwisata, telah menunjukkan SVF mampu mewadahi komponen pariwisata yang ada.

Dasa Warsa SVF ingin melihat kembali bahwa proses perenungan bukan berarti mundur ke belakang namun lebih pada melihat banyaknya dimensi maupun penjuru yang dapat dibangun dengan tetap pada semangat berpijak pada tradisi luhur "the new spirit of heritage".

Dalam perjalanan 10 tahun ini, SVF telah berhasil mememerankan secara sentral dalam menstimulasi pembangunan pariwisata, seni, budaya, dan ekonomi kreatif. Festival kali ini akan diselenggarakan sebagai pesta untuk merayakan soliditas warga yang telah berkontribusi menyokong berbagai kegiatan promosi pariwisata baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.