Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pelesir? 10 Benda Ini Wajib Masuk Daftar "Packing"

Kompas.com - 05/08/2015, 16:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Saat ingin berwisata, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan yang mendukung perjalanan. Ada baiknya, Anda membuat daftar barang bawaan sebelum memulai mengemas barang ke dalam tas atau koper.

Rick Seaney, CEO FareCompare, sebuah situs pencarian penerbangan, membuat daftar barang-barang yang dibawa saat berwisata untuk para wisatawan. Berikut 10 barang-barang yang harus masuk ke dalam tas maupun koper para wisatawan.

Peralatan anti dehidrasi

Peralatan ini tak serumit yang dibayangkan. Dehidrasi rentan terjadi bahkan saat Anda di dalam pesawat, terutama jika Anda melakukan penerbangan jarak jauh. Cukup membawa botol air minum isi ulang. Di banyak negara seperti di kawasan Eropa dan Amerika Serikat, ada banyak tempat umum untuk mengisi ulang air secara gratis. Manfaatkan tempat-tempat mengisi air minum ini.

Kulit pun perlu dijaga dari kekeringan. Jadi bawalah pelembab ukuran mini untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Jangan lupa bawa topi untuk menghindari Anda dari terik matahari.

Kabel pengisi daya baterai

Handphone, kamera,dan tablet adalah beberapa perlengkapan yang dapat menemani saat melakukan perjalanan. Jika kehabisan daya baterai, maka peralatan ini jadi tak berguna. Jangan lupa untuk membawa kabel pengisi daya baterai, lebih baik bawalah pengisi daya baterai portable.

Uang tunai dan kartu

Bawalah uang tunai di saku dan dompet Anda. Bawalah juga kartu kredit tetapi jangan lebih dari dua kartu, untuk menghindari jika dompet Anda hilang.

Jika berpergian ke negara lain, sempatkan pergi ke bank dan ambil sejumlah uang dalam mata uang lokal dari negara yang akan Anda tuju. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari uang lokal saat sudah tiba.

Dokumen

Jika memiliki dokumen dalam bentuk digital, cobalah cetak untuk mengantisipasi gawai tempat penyimpanan data tersebut mati. Misalnya boarding pass yang biasanya disimpan dalam handphone.

Jika bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk memfotokopi paspor untuk cadangan. Tips, fotokopi paspor sebanyak tiga buah. Fotokopi paspor pertama untuk Anda simpan di dalam tas, yang kedua bisa Anda kasih ke teman seperjalanan, sedangkan yang ketiga berikan pada kerabat di rumah.

Bawa juga tambahan foto untuk paspor. Foto itu berguna ketika mengurus kehilangan paspor di kedutaan.

Makanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com