Mau Turun ke Goa Jomblang? Ini Dia Syaratnya...

Kompas.com - 10/08/2015, 09:31 WIB
Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY. BARRY KUSUMAGoa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Gua Jomblang di Kawasan Karst Gunungkidul, DI Yogyakarta adalah salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat turun dan menelusuri goa, melihat vegetasi hutan purba, ornamen goa, hingga melihat cahaya matahari yang masuk melalui Goa Grubug dari dalam terowongan goa.

Wisatawan yang melakukan kegiatan wisata di Goa Jomblang termasuk ke dalam kegiatan yang berisiko tinggi. Kegiatan telusur goa ini memerlukan fisik yang prima. Selain itu, pengetahuan keamanan juga adalah hal yang penting untuk diketahui.

"Bagi yang mau turun ke Goa Jomblang, harus kuat jalan kaki dua kali mengelilingi sepak bola tanpa berhenti," kata pemilik Jomblang Resort yang juga Presiden Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia, Cahyo Alkantana saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Ia memberikan syarat dengan standar fisik tersebut karena wisatawan setelah turun ke Goa Jomblang akan berjalan di dalam goa serta mendaki hutan purba yang ada di dalam. Cahyo beralasan jika wisatawan sudah kuat berjalan kaki berkeliling lapangan bola, perjalanan di dalam goa akan tidak mudah merasa lelah.

"Kalau turunnya wisatawan menggunakan jalur khusus wisatawan. Nanti kita hauling (angkut dengan ditarik dan diturunkan menggunakan sistem tali). Pemandu akan menjelaskan (sistem hauling)," ujarnya.

Penelusur goa sekaligus penyelam ini mengatakan para wisatawan yang akan turun ke Goa Jomblang akan ditemani dengan pemandu wisata. Sementara, proses hauling untuk turun, wisatawan akan menuruni dengan bantuan tali selama 30 detik. Lewat jalur khusus wisatawan, lanjut Cahyo, akan turun sedalam 70 meter dari titik mulut goa.

"Intinya, gak masalah kalau turunnya lewat jalur hauling," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X