Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Menghindari "Jet Lag"

Kompas.com - 12/08/2015, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Jika pernah merasakan jet lag, Anda pasti tahu bagaimana sulitnya mengembalikan kebugaran tubuh. Reaksi tubuh di jam "asing" terasa sangat nyata. Untungnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Inilah 4 cara simpel menghindari jet lag:

Sesuaikan kegiatan dengan waktu negara tujuan sebelum berangkat

Jika bisa menukar waktu, sebaiknya mulai menjalani rutinitas sesuai dengan waktu negara tujuan. Mulai tidur lebih awal/lambat dan mengganti jadwal makan. Persiapan sekecil apapun bisa memberikan efek besar dan membantu kita ketika nanti baru sampai di negara tujuan.

Ubah waktu di jam

Atur waktu di jam tangan atau handphone kita sesuai dengan tujuan. Hal tersebut bisa membuat kita layaknya sudah tinggal di negara yang ingin kita kunjungi.

Hindari sisi pesawat yang terkena matahari

Pesan tempat duduk di pesawat yang kira-kira tidak terkena sinar matahari sehingga kita bisa tertidur dengan mudah. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan, ambil keuntungan dengan menggunakan penutup mata gratis yang disediakan pesawat atau membawa kacamata hitam yang nyaman dari rumah.

Hindari alkohol dan kafein

Meskipun sangat menggoda, setengah botol alkohol dan espresso bisa mengganggu perjalanan lintas benua. Kita akan membayarnya ketika mendarat nanti. Sebaiknya, hindari alkohol dan kafein. Minum air putih saja selama di pesawat.

Itulah 4 cara simpel menghindari jet lag. Selamat mencoba! (Huffingtonpost.com/Gita Laras Widyaningrum)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com