Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Great New Xenia Bertahan 4 Tahun

Kompas.com - 12/08/2015, 18:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Sikus desain Xenia kini telah mencapai tahap major change dengan peluncuran model Great New. Bila memerhatikan kebiasaan periode penyegaran desain model mobil, setelah Great New seharusnya Xenia akan masuk ke pengembangan full model change atau All-New.

Tapi kemungkinan besar kehadiran All-New Xenia masih lama. Selepas peluncuran Great New Xenia di Jakarta, Rabu (12/8/2015), Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer Astra Daihatsu Motor menjelaskan perubahan setara model baru untuk Xenia akan ditentukan pasar.

“Desain ini bisa bertahan 3 – 4 tahun,” kata Pradipto.

Gerak roda depan?

Pradipto lanjut menjelaskan, satu hal yang kemungkinan akan bertahan adalah platform penggerak roda belakang. Di kelas MPV bawah hanya Avanza dan Xenia yang memiliki sistem gerak roda belakang, Ertiga, Mobilio, Spin, dan Evalia, bergerak menggunakan roda depan.

“Kalau yang ditanya platform, masih. Yang ditanya orang selalu berubah adalah kulitnya. Kaki-kaki dan wheelbase, tidak ada masalah dengan itu,” ujarnya.

Meski begitu diakui, menggunakan sistem gerak roda depan pernah masuk hitungan dalam pengembangan. “Tergantung pasar. Secara teknologi Daihatsu dikenal sebagai mobil traksi roda depan. Semua kemungkinan sudah terpikirkan, Cuma kapan dan bagaimana itu perkara pasar,” papar Pradipto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com