Wow, 6.000 Pendaki Padati Gunung Prau Saat Libur 17 Agustus

Kompas.com - 18/08/2015, 10:14 WIB
Suasana area Puncak Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (17/8/2015). Arsip Ade SetiawanSuasana area Puncak Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (17/8/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan pendaki dari berbagai daerah di Indonesia memenuhi Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah dalam rangka liburan terkait Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Jumlah pendaki Gunung Prau melebihi angka 6.000 orang.

"(Pendaki dari) Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera. Dari pos (jalur) Kenjuran ada 250 personel ditambah 150 orang khusus bersih gunung dari MDMC -Muhammadiyah Disaster Management Center. Total dari Kenjuran 400-an orang," tulis Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Paulus Nugrahajati dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Senin (17/8/2015) malam.

Untuk jalur lain seperti Patak Banteng, Genting, Pranten, Dieng, dan Kali Lembu, Paulus memiliki catatan lain. Untuk jalur Patak Banteng, ia menyebutkan jumlah sebanyak 3.500 orang dan sementara untuk jalur Dieng sebanyak 2.000 orang.

"Pos utara yang tidak terpantau yaitu Pos Genting, Pos Pranten, Pos Wates dan Pos Balong perkiraan masing-masing pos (sebanyak) 100 pendaki," lanjutnya.

Sementara data total pendaki Gunung Prau yang tercatat oleh Paulus adalah berkisar 5.000-an orang. Angka tersebut muncul karena menurut Paulus ada pendaki-pendaki yang lolos karena melewati hutan yang tidak terpantau oleh petugas pos Gunung Prau. Sementara para pendaki terus datang untuk merayakan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Gunung Prau.

"(Rata-rata) Mulai mendaki tanggal 15 (Agustus). Puncak kepadatan, pagi tanggal 17 (Agustus) saat jam upacara, sekitar jam 9 pagi," ungkapnya.

Salah satu pendaki Gunung Prau yang mulai mendaki pada 16 Agustus 2015, Ade Setiawan mengatakan ketika tiba sekitar pukul 18.00 WIB, di area puncak telah ramai dengan tenda. Ia memilih berkemah di sisi lereng Gunung Prau sebelah barat. Saat pagi hari, ia menceritakan sedikit tentang keadaan lokasi kemah di sekitar area puncak Gunung Prau.

"Iya rapat kalau jalan memang agak susah, kalau keadaan sampah menurut saya gak terlalu parah tapi ada beberapa terutama bekas kertas bertulisan dan tisu di semak," kata Ade Setiawan kepada KompasTravel dalam pesan Facebook, Senin (17/8/2015) malam.

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Prau dapat didaki melalui tiga jalur yaitu Kenjurang, Patak Banteng, dan Dieng.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X