Pizza Zanzibar, Kebab Suriah, dan Kelapa Muda di Forodhani Garden

Kompas.com - 18/08/2015, 17:26 WIB
Pedagang kaki lima di Zanzibar. TAUFIK UIEKSPedagang kaki lima di Zanzibar.
EditorI Made Asdhiana
SENJA menjelang ketika perahu kami siap-siap meninggalkan Prison Island alias Pulau Changuu. Di pantai dan sekitar dermaga masih banyak wisatawan yang bersantai atau berenang di air Samudra Hindia yang bening bak kristal di pantau barat benua Afrika ini.
 
Perjalanan menuju Stone Town kali ini lebih cepat, dalam waktu sekitar 20 menit perahu kami sudah merapat ke pulau utama di Zanzibar dengan berlatar belakang pemandangan bangunan tua di Stone Town. Kali ini kita merapat di dekat pelabuhan feri yang menuju ke Dar Es Salaam, tepatnya di dermaga dekat Forodhani Garden.

Selepas mendarat, saya sempat melihat orang yang punya perahu minta ongkos ke Zeus, dan akhinya kami memberi uang sebesar 35.000 Shilling.

Di taman yang letaknya persis di depan House of Wonder atau Beit Al Ajaib ini mulai ramai dengan gerai-gerai kaki lima. Senja itu, puluhan pedagang sibuk menjual kuliner khas Zanzibar serta seafood yang selalu ramai dikunjungi baik penduduk lokal maupun turis mancanegara.

“Hati-hati membeli seafood, karena ada yang sudah lama tidak laku dan terus dijual,” demikian nasehat Zeus ketika kami window shopping dari satu gerai ke gerai yang lainnya.

Hampir semua jenis makanan dan minuman ada di tempat ini, tinggal pilih saja dan semuanya sudah siap saji atau ada juga yang baru dipersiapkan alias dimasak atau digoreng ketika kami memesannya.

Kami sempat mampir ke tukang penjual minuman di mana kelapa muda segar dan juga buah-buah manisan seperti kedondong, mangga dipajang begitu saja di meja kecil yang beratapkan langit biru Pulau Zanzibar.

Kelapa muda dengan airnya yang segar dapat dinikmati dengan harga 1.000 Shilling saja per buah. Itu juga karena Zeus yang membeli dan menggunakan bahasa Swahili. Konon khabarnya wisatawan yang memakai bahasa Inggris akan dikenakan tarif yang bisa dua atau tiga kali lebih mahal di tempat ini. (Taufik Uieks)

Baca kisah selengkapnya di Kompasiana: "Pizza Zanzibar, Kebab Suriah, dan Kelapa Muda di Forodhani Garden"



Sumber Kompasiana
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X