Kompas.com - 20/08/2015, 09:12 WIB
EditorI Made Asdhiana
BUNG Karno berpesan, ”Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” yang terkenal sebagai Jas Merah. Tak ingin melupakan, apalagi meninggalkan sejarah, sejumlah mahasiswa menghidupkan pembelajaran sejarah lewat aplikasi Arbook Sejarah.

Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Hardika Dwi Hermawan dan Rifky Ayu Ramadhani, merancang Augmented Reality Book atau Arbook. Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality yang menggabungkan antara dunia digital dan dunia nyata. Berbekal aplikasi tersebut, gambar-gambar diam dalam buku pelajaran bisa bergerak. Peristiwa pengeboman Hiroshima, misalnya, tampak hidup dengan bom nuklir yang memorakporandakan kota.

”Kamera telepon seluler tinggal diarahkan ke buku, lalu gambar lantas bergerak. Siswa dapat langsung memahami suasana, kondisi, dan alur cerita sebuah peristiwa sejarah. Tidak lagi hanya membaca tulisan dan gambar yang diam serta membuat bosan,” kata Hardika.

Hardika prihatin karena banyak anak muda tak kenal sejarah bangsanya. Tumbuh dalam keluarga dengan orangtua guru Sejarah, ia paham betul tentang pentingnya belajar Sejarah.

Aplikasi Arbook pernah digunakan sebagai bahan ajar oleh Tuti Utami, guru Sejarah di SMP Negeri 3 Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah. Tuti Utami menggunakan media tersebut dalam evaluasi program Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) yang juga disaksikan oleh Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Purbalingga.

Dari hasil uji coba itu terbukti bahwa Arbook mampu menumbuhkan minat siswa terhadap peristiwa penting dalam sejarah. Para siswa merasa takjub dengan teknologi yang digunakan. ”Pertama kali dicoba guru. Mereka kaget, kok, bisa kamera telepon seluler diarahkan gambar, ada gambar yang bergerak di atas buku,” ujar Hardika.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.