Kompas.com - 20/08/2015, 16:02 WIB
EditorI Made Asdhiana
BIAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2015 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke wilayah itu mencapai 8.000 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Biak, Y Usior di Biak, Kamis (20/8/2015) mengakui, Biak sebagai daerah yang paling aman di Papua dan Papua Barat menjadi tempat tujuan wisata yang sangat menjanjikan.

"Berbagai potensi obyek wisata alam, budaya dan seni daerah serta sejarah peninggalan Perang Dunia II dimiliki Biak menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Biak," kata Usior.

Ia mengakui, dengan ditetapkan Biak sebagai kota jasa yang bersih dan aman di tanah Papua diharapkan menjadi daerah tujuan wisata untuk kalangan wisatawan.

Dinas Pariwisata sebagai SKPD teknis, menurut Usior, terus menjalin kerja sama dengan pelaku usaha pariwisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Biak sekitarnya.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.
Menyinggung Biak sebagai tuan rumah Festival Budaya Papua, lanjut Kadisparbud Y Usior, merupakan agenda turin tahunan Dinas Pariwisata Provinsi Papua sebagai ajang penampilan seniman dan seniwati berbakat dari 29 kabupatem/kota.

"Pemkab Biak setiap tahun sukses menyelenggarakan event festival pariwisata Papua, ya ini juga menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Biak," katanya.

Obyek wisata yang masih menjadi primadona untuk menarik wisatawan luar negeri dan nusantara di antaranya Goa Jepang kampung Binsari distrik Samofa, Monumen Perang Dunia II di Anggraidi/Paray distrik Biak Kota, eks lapangan terbang sekutu Pulau Owi.

Sedangkan obyek wisata lain yang juga menjadi daya tarik wisatawan yakni keindahan alam taman laut Padaido serta keindahan pantai Wari distrik Biak Utara dan Segara Indah distrik Biak Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.