Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biak Targetkan Kunjungan 8.000 Wisatawan

Kompas.com - 20/08/2015, 16:02 WIB
BIAK, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2015 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke wilayah itu mencapai 8.000 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Biak, Y Usior di Biak, Kamis (20/8/2015) mengakui, Biak sebagai daerah yang paling aman di Papua dan Papua Barat menjadi tempat tujuan wisata yang sangat menjanjikan.

"Berbagai potensi obyek wisata alam, budaya dan seni daerah serta sejarah peninggalan Perang Dunia II dimiliki Biak menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Biak," kata Usior.

Ia mengakui, dengan ditetapkan Biak sebagai kota jasa yang bersih dan aman di tanah Papua diharapkan menjadi daerah tujuan wisata untuk kalangan wisatawan.

Dinas Pariwisata sebagai SKPD teknis, menurut Usior, terus menjalin kerja sama dengan pelaku usaha pariwisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Biak sekitarnya.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.
Menyinggung Biak sebagai tuan rumah Festival Budaya Papua, lanjut Kadisparbud Y Usior, merupakan agenda turin tahunan Dinas Pariwisata Provinsi Papua sebagai ajang penampilan seniman dan seniwati berbakat dari 29 kabupatem/kota.

"Pemkab Biak setiap tahun sukses menyelenggarakan event festival pariwisata Papua, ya ini juga menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Biak," katanya.

Obyek wisata yang masih menjadi primadona untuk menarik wisatawan luar negeri dan nusantara di antaranya Goa Jepang kampung Binsari distrik Samofa, Monumen Perang Dunia II di Anggraidi/Paray distrik Biak Kota, eks lapangan terbang sekutu Pulau Owi.

Sedangkan obyek wisata lain yang juga menjadi daya tarik wisatawan yakni keindahan alam taman laut Padaido serta keindahan pantai Wari distrik Biak Utara dan Segara Indah distrik Biak Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com