Kompas.com - 21/08/2015, 08:51 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Festival Bahari Nuhanera pada 22-27 Agusust 2015. Festival ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kegiatan kepariwisataan berbasis wisata bahari.

"Teluk Nuhanera memiliki alam bawah laut luar biasa. Kita ingin membangun masyarakat Lembata yang maju dan mandiri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata, Longginus Lega saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedirman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Ia mengatakan rangkaian kegiatan Festival Bahari Nuhanera 2015 yaitu lomba dayung perahu tradisional, renang teluk, mancing mania, parade perahu dan motor laut, pentas seni tradisional, serta lomba foto bawah laut.

Selain itu, lanjut Lega, ada pula kegiatan bakti sosial bersama mayarakat di 14 desa pesisir Teluk Wajenga. Dengan daya tarik atraksi wisata yang ditawarkan di Festival Nuhanera, Lega mengatakan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. "Daya tarik lain yaitu 14 desa pesisir yang mengitari teluk ini bersepakat sesuai dengan kearifan lokal untuk menangkap jala," katanya.

SENDY ADITYA SAPUTRA Kawasan Wisata Rohani Bukit Doa Watomiten, di Desa Bour, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.
Festival Nuhunera merupakan acara tahunan Pemerintah Daerah Lembata yang termasuk rangkaian rally wisata bahari. Adapun rangkaian tersebut adalah Atadei-Lamalera Explore & Expedisi Batubara, Festival Bahari Nuhanera, Festival Adventure, serta Festival Lamaholot.

Lembata memiliki obyek-obyek wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan seperti Bukit Doa yang menghadap ke Selat Adonara. Selain itu, ada pula atraksi yang sudah turun temurun dilakukan yaitu berburu ikan paus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.