Kompas.com - 21/08/2015, 14:30 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sembilan kali digelar, tahun ini Sanur Festival Village kembali hadir di Bali. Festival ini diselenggarakan pada tanggal 26-30 Agustus 2015 di Maisonette Area, Segara Beach, Sanur.

"Acara ini dulu terinspirasi pada tahun 2005 yaitu Tragedi Bom Bali 2. Sanur adalah desa tua yang kaya budaya dan tradisi," kata Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Sidharta Putra dalam jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Festival dengan tema "Dasa Warsa" ini, lanjut Bagus, akan terdapat beberapa agenda yang dapat diikuti oleh para wisatawan. Acara-acara yang diikuti oleh para wisatawan seperti turnamen memancing, pameran lukisan, kompetisi papan selancar, pelepasan kura-kura, bersepeda keliling Desa Sanur, festival kuliner, dan pertunjukan musik.

Selain acara-acara di atas, juga terdapat acara bertema lingkungan seperti bersih pantai dan penanaman terumbu karang. Bagus juga menambahkan acara seperti kompetisi perahu jukung, festival layang-layang, dan acara musik dan pertunjukan budaya.

Bagus menambahkan, penyelenggaraan acara ini tetap berlangsung hingga memasuki ke tahun ke-10 berkat dukungan banyak pihak seperti kementerian pariwisata, pemerintah daerah, dan swasta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Sanur Village Festival selalu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang kembali ke Bali. "Bali paling banyak mendatangkan wisatawan mancanegara yaitu 4 juta orang. Kalau dibandingkan dengan Singapura 16 juta, Bangkok 16 juta, seharusnya (kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali) bisa lebih banyak," kata Arief.

Sanur Village Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006 untuk merespon kondisi pariwisata Bali yang melemah pasca tragedi bom kedua. Pada tahun kedua (2007), Sanur Village Festival diluncurkan dengan tema besar yaitu "The New Spirit of Heritage".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.