Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval Khatulistiwa, Gubernur Kalbar Ajak Masyarakat Jaga Sungai Kapuas

Kompas.com - 21/08/2015, 16:01 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjaga Sungai Kapuas. Menurut Cornelis, Sungai Kapuas sebagai nadi khatulistiwa harus dijaga lingkungan dan kebersihan airnya.

Ajakan tersebut disampaikan Cornelis terkait target yang akan dicapai dalam perhelatan Karnaval Khatulistiwa yang akan digelar 22 Agustus 2015. Karnaval akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dalam rangka peringatan 70 tahun Kemerdekaan Indonesia.

"Saya mengajak masyarakat untuk tidak merusak sungai tidak mengotori sungai dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Sungai itu sumber kehidupan," kata Cornelis, Jumat (21/8/2015) di Media Center panitia Karnaval Khatulistiwa.

Menurut Cornelis, Sungai Kapuas merupakan sungai yang sangat penting di Kalimantan Barat. Namun, kondisi yang ada saat ini banyak yang membuang sampah ke sungai. Apalagi target pariwisata di Kota Pontianak saat ini diproyeksikan pada wisata air.

"Pontianak sebagai kota pariwisata yang terletak di muara Sungai Kapuas dan Landak. Orang bisa menikmati wisata sungai, sehingga dampaknya rakyat bisa punya pekerjaan, sektor pariwisata pun bisa berkembang," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com