Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Ratusan Kapal Hias Meriahkan Karnaval Khatulistiwa di Sungai Kapuas

Kompas.com - 21/08/2015, 18:15 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Karnaval Khatulistiwa yang akan diselenggarakan besok (Sabtu), 22 Agustus 2015 akan dimeriahkan ratusan kapal hias. Kapal hias tersebut akan menyusuri Sungai Kapuas dan akan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pantauan KompasTravel, sejumlah kapal hias sudah bersandar di beberapa titik, di antaranya pelabuhan Senghie dan seputaran kampung Beting. Para pekerja pun terlihat masih mengerjakan hiasan kapal yang akan mengikuti karnaval air.

Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan, sebanyak 300 kapal akan mengikuti karnaval air di Sungai Kapuas yang akan dilepas oleh Presiden Jokowi. Selain itu, 26 provinsi dipastikan akan turut berpartisipasi dalam puncak peringatan 70 tahun Kemerdekaan RI yang dipusatkan di Kota Pontianak.

"Kendaraan air ada 300, nah ini yang menarik, karena baru pertama kali diselenggarakan secara nasional," ujar Cornelis, Jumat (21/8/2015).

Untuk itu, Cornelis pun mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjaga Sungai Kapuas. Menurut Cornelis, Sungai Kapuas sebagai nadi khatulistiwa harus dijaga lingkungan dan kebersihan airnya. "Saya mengajak masyarakat untuk tidak merusak sungai tidak mengotori sungai dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Sungai itu sumber kehidupan," kata Cornelis.

Cornelis menambahkan, Sungai Kapuas merupakan sungai yang sangat penting di Kalimantan Barat. Namun, kondisi yang ada saat ini masyarakat sering membuang sampah ke sungai. Apalagi target pariwisata di Kota Pontianak saat ini diproyeksikan pada wisata air.

"Pontianak sebagai kota pariwisata yang terletak di muara Sungai Kapuas dan Landak. Orang bisa menikmati wisata sungai, sehingga dampaknya rakyat punya pekerjaan, sektor pariwisata pun bisa berkembang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com