Kompas.com - 23/08/2015, 13:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
SENIN, 10 Agustus 2015, jam dinding di rumah kami menunjukkan pukul 07.30 WITA. Kami bergegas menyiapkan diri untuk menempuh perjalanan jauh dari bagian Flores Barat menuju ke Flores bagian Timur.

Kendaraan oto colt yang membawa kami sudah parkir di depan rumah setelah menempuh perjalanan rusak dari kampung Waekolong, Desa Ranakolong, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. Oto colt merupakan kendaraan utama yang mampu menerobos kampung-kampung yang jalannya rusak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Setelah berkumpul di rumah dan menikmati kopi manggarai pagi itu, sang sopir, Kons, sudah memberikan aba-aba dengan menghidupkan mesin kendaraan sebagai tanda perjalanan segera dimulai. Semua barang yang diperlukan dalam perjalanan sudah masuk kendaraan. Bahkan bekal makanan dalam perjalanan seperti ketupat, daging ayam dan air minum sudah dimuat di dalam kendaraan. "Orang Manggarai Timur juga bisa membuat ketupat," kata saya dalam hati.

Kami sekeluarga sekitar 12 orang mulai menyusuri jalan raya negara dari Waelengga, ibu kota Kecamatan Kota Komba menuju ke Aimere, ibu kota Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada. Memasuki wilayah Aimere, Jerebuu, dengan jalan raya yang berkelok-kelok seperti seekor ular yang sedang berlari.

Sang sopir, Kons, yang sudah berpengalaman mengendarai kendaraan lintas Flores melaju dengan kecepatan yang sesuai dengan aturan lalu lintas.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis Belanda saat menghadiri syukuran keluarga, Kaul Kekal di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.
Dari Aimere sampai di Terminal Watujaji, kami menempuh perjalanan 2 jam lebih. Istirahat sebentar. Lalu, kami terus melakukan perjalanan dengan melewati Mataloko, Pusat Seminari Menengah Santo Yohanes Berkmans. Kami sangat kagum dengan gedung-gedung seminari yang dibangun oleh para misionaris yang bertugas di tempat itu pada zaman dahulu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.