Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Menjelajah Keindahan Pulau Pahawang, Yuk Tanam Mangrove...

Kompas.com - 23/08/2015, 15:29 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Rupanya orang asing senang dengan wisata mangrove di Pesisir Kekatang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Pulau Pahawang yang terkenal dengan wisata bawah lautnya. Hanya berjarak satu pulau atau ditempuh dengan perahu sekitar 5 menit.

"Saya senang dengan wisata berbasis lingkungan ini. Setelah melihat keindahan bawah laut di Pahawang kemudian beralih ke Kekatang untuk menanam mangrove," kata Remco Boss wisatawan dari Belanda, Sabtu (22/8/2015).

Menurut Remco, menanam itu pekerjaan yang berat dan melelahkan, tapi hal itu sangat disenangi karena di negara asalnya tidak ada kegiatan seperti itu. Ia sangat merekomendasikan temannya untuk datang ke pulau itu. Selain menanam mangrove, pengunjung juga dapat menikmati ikan bakar hasil tangkapan nelayan kecil di sana.

Wisata berbasis lingkungan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang berlangsung di Pulau Pahawang yang digerakkan oleh Mitra Travel yang merupakan bentukan dari Mitra Bentala. "Tak cuma menikmati keindahan alam, tapi kegiatan menanam ini juga adalah bentuk kepedulian pengunjung dalam melestarikan lingkungan," kata Supriyanto, aktivis Mitra Bentala.

Dia memaparkan, sekarang di Pulau Pahawang sudah tidak mencukupi lagi untuk ditanam bibit mangrove, karena itu kegiatan menanam ini harus tetap dilanjutkan ke pulau-pulau sekitarnya. "Agar tak cuma Pahawang saja yang terselamatkan, tapi pulau-pulau sekitarnya juga dapat ikut terselamatkan dan mendapat kunjungan dari wisatawan," kata Supri.

Dalam seminggu sedikitnya ada seribu wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pahawang. Dalam setiap paket wisatanya ditutup dengan dengan penanaman pohon di Pulau Kekatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com