Kompas.com - 24/08/2015, 11:26 WIB
Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).  KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pihak pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko memiliki strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan candi. Salah satunya adalah mengikuti pameran wisata Jogja Travel Mart yang digelar di Yogyakarta.

"Kami bercita-cita mau memperkenalkan Yogyakarta ke pasar asing dan domestik lewat Jogja Travel Mart," kata Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Lailly Prihatiningtyas usai acara pembukaan Jogja Travel Mart di Candi Ratu Boko, Yogyakarta, Minggu (23/8/2015) malam.

Ia menambahkan dengan Jogja Travel Mart, pihak pembeli paket wisata tak hanya mengenal Yogyakarta dengan mengunjungi Candi Borobudur dan Prambanan. Lailly mengatakan para pembeli paket-paket wisata dapat mengenal Candi Ratu Boko sebagai alternatif kunjungan.

"Segmentasi (pasar) bisa lebih luas. Kita ingin memperkenalkan (Candi Ratu Boko). Wisatawan bisa menikmati lebih lama," katanya.

Ia mengatakan di Jogja Travel Mart 2015, pihaknya akan mempromosikan kawasan Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko ke para buyers dari agen perjalanan domestik dan mancanegara dalam rangka turut mengenalkan Yogyakarta secara umumnya.

"Tantangan kita adalah mengoordinasikan paket-paket wisata yang kita punya. Kan ada juga candi-candi yang di luar pengelolaan kita," kata Lailly.

Jogja Travel Mart 2015 diselenggarakan bekerja sama dengan Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (ASITA) Yogyakarta dan Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Yogyakarta. Rangkaian Jogja Travel Mart 2015 bertujuan untuk mempertemukan para penjual (sellers) yang terdiri dari para agen perjalanan, hotel, restoran, serta pengelola objek wisata di Yogyakarta dengan para calon pembeli (buyers) dari dalam negeri maupun mancanegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.