Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Penyet Pak Ulis, Tenar Seantero Aceh

Kompas.com - 24/08/2015, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Satu lagi produk makanan waralaba (franchise) asli Aceh yaitu, Ayam Penyet Pak Ulis. Berdiri sejak 2006 lalu, brand makanan lokal ini sudah memiliki 14 cabang. Aroma yang ditebarkan sudah sampai ke Kota Pekan Baru, Riau. Sebuah kedai yang berusaha memanjakan lidah para penikmat olahan ayam dan seafood.

Nama Ayam Penyet Pak Ulis sudah tak asing lagi di telinga penikmat kuliner, khususnya mereka yang berdomisili di Kota Lhokseumawe, Aceh. Dari kota yang berjuluk "Petro Dolar" itulah ayam penyet lahir dan dikenal luas ke kabupaten atau kota lainnya sepanjang pesisir utara timur Aceh. Adalah Mukhlis, nama lain dari Pak Ulis si pemilik brand.

Tak hanya ayam goreng, olahan seafood juga tersedia di gerai Ayam Penyet Pak Ulis (Serambi Indonesia/ Nurul Hayati)

“Ide ini tercetus lantaran bisnis kuliner tak matinya,” terang Mukhlis atau Pak Ulis semangat.

Satu dasawarsa silam, ayam penyet belum akrab dengan lidah kebanyakan orang yang berdiam di Aceh. Ayam yang diolah dengan cara dikukus dan digoreng serta tentu saja dipenyet menghasilkan tekstur daging yang lunak hingga tulangnya.

Baru diolah ketika dipesan membuat cita rasanya sempurna dengan wangi yang menggugah selera. Satu porsi ayam penyet yang dibanderol Rp 15.000 terasa cukup mengenyangkan perut. Paket ayam penyet hadir bersama nasi putih, lalapan, dan tak ketinggalan sambal.


Keramaian pengunjung di gerai Ayam Penyet Pak Ulis (Serambi Indonesia/ Nurul Hayati)

Tesktur daging yang sudah dipenyet garing namun lembut di dalam. Dimakan dengan cara disuwir-suwir dan dicocol ke dalam sambal yang bercita rasa pedas manis. Kombinasi cabai merah dan tomat yang pas.

Di sini kita juga bisa memesan nasi dan ayam secara terpisah atau menggantinya dengan menu lain yang tak kalah menggoda selera. Sebut saja ayam bakar dengan sambal kecapnya yang membuat liur menetes.


Sajian Steak ala gerai Ayam Penyet Pak Ulis (Serambi Indonesia/ Nurul Hayati)

Anda bukan penikmat daging? Tenang saja. Kedai ini juga menyediakan aneka olahan seafood, seperti udang atau cumi goreng tepung. Kalau mau yang lebih berat bisa mencoba steak yang disajikan lengkap dengan kentang goreng.

Lokasi dan waktu

Di Aceh terdapat 11 gerai yang tersebar mulai dari Kota Langsa yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara hingga di Kota Banda Aceh yang menjadi ujung barat Pulau Sumatera. Jika berkesempatan berkunjung ke ibu kota provinsi, Banda Aceh, silahkan mampir di gerai yang beralamat di kawasan Seutui dan kawasan Lamnyong.

Sementara di luar daerah, brand Ayam Penyet pak Ulis sudah membuka tiga gerainya di Kota Pekanbaru, Riau. Tempat ini buka dari pukul 8.30 WIB hingga 22.30 WIB. (SERAMBI INDONESIA/NURUL HAYATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com