Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Akan Resmikan Kampung UKM Wisata Digital di Sanur Village Festival

Kompas.com - 24/08/2015, 18:35 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan meresmikan Sanur sebagai kampung wisata digital dan etalase Usaha Kecil Menegah (UKM) pertama di Indonesia. Peresmian ini dilanjutkan dengan peresmian pembukaan Sanur Village Festival ke-10 yang berlangsung 26-30 Agustus 2015.

"Kampung UKM Wisata Digital akan langsung diresmikan oleh Menteri Pariwisata sebelum meresmikan Sanur Village Festival ke-10. Pemilihan Kampung UKM Wisata Digital di daerah pesisir ini karena dinilai bahwa Sanur berhasil memberdayakan berbagai potensi masyarakat, termasuk UKM melalui Sanur Village Festival yang digelar seruan tahunnya," kata Ketua Panitia Sanur Village Festival ke-10, Ida Bagus Gede Sidharta Putra saat konferensi pers, di Denpasar, Bali, Senin (24/8/2015).

Menurut laki-laki yang akrap dipanggil Gus De ini juga menyampaikan terkait kondisi Desa Sanur yang masuk wilayah Kecamatan Denpasar Selatan ini, selain alam dan lingkungan yang strategis di sektor wisata terutama wisata bahari, Sanur memiliki seni dan budaya serta karateristik masyarakat pesisirnya yang energik, dinamis, kreatif tapi juga adaptif dengan masuknya budaya dari luar.

Kreatifitas yang ditonjolkan selama ini salah satunya ajang Sanur Village Festival dan harus disebarluaskan ke sekuruh dunia melalui internet sehingga semua negara bisa mengakses segala kegiatan di Sanur.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Pantai Sanur di Bali.
"Ada wi-fi gratis yang memudahkan UKM mengakses internet sebagai sarana promosi untuk menunjang kegiatan mereka ke pasar global. Secara bertahap berbagai fasilitas dan infrastruktur akan melengkapi program ini sehingga Sanur sebagai estalase UKM nasional baik secara produktif, promosi maupun pemasaran, dan dapat bersaing di pasar internasional," katanya.

Peresmian Kampung UKM Wisata Digital nantinya akan dilakukan di pasar Sinus Sanur, Rabu (26/8/2015). Dipilihnya pasar Sinus sebagai peluncuran Kampung UKM Wisata Digital karena pasar ini ramah lingkungan, bersih dan higienis yang sudah direvitalisasi lima tahun lalu dan bakal juga dilengkapi wi-fi gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com