Kompas.com - 26/08/2015, 08:03 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BANTUL, KOMPAS.com - Berseluncur di gumuk pasir Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat menjadi alternatif bagi para wisatawan ketika mengunjungi Yogyakarta. Pasalnya, di Parangkusumo memiliki bentukan bukit pasir dengan berbagai kemiringan yang dapat digunakan untuk berseluncur (sandboarding).

"Banyak wisatawan datang untuk mengunjungi berbagai atraksi budaya seperti bangunan bersejarah, desa wisata. Gumuk pasir di Parangkusumo bisa jadi alternatif daerah tujuan wisata minat khusus," kata salah satu pemandu sandboarding di Yogyakarta, Muhammad Fadil Ramadhan kepada KompasTravel di Bantul, Minggu (23/8/2015).

Fadil yang juga anggota Mapagama Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan jika dibandingkan daerah tujuan wisata minat khusus lain, sandboarding di parangkusumo relatif lebih ramah lingkungan. Selain itu, segala kalangan dapat mencoba permainan berseluncur di pasir ini.

"Olahraga ini tidaklah ekstrem dan relatif aman, tua hingga muda bisa melakukan," lanjut Fadil.

Pantauan KompasTravel, di gumuk pasir Parangkusumo terdapat puluhan wisatawan yang bermain sandboarding. Selain itu, para wisatawan juga mengambil foto kegiatan sandboarding. Anak-anak, remaja, dan dewasa turut mencoba permainan berseluncur di pasir ini.

Wisatawan yang hendak mencoba sandboarding dikenakan biaya Rp 125.000, sudah termasuk pemandu dan perlengkapan seperti helm, hand protector, dan knee protector. Gumuk pasir Parangkusumo terletak sekitar 40 kilometer dari Malioboro, Yogyakarta. Dari gumuk pasir, wisatawan dapat melihat pemandangan Pantai Parangkusumo dan juga menikmati matahari tenggelam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.