Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Spot Foto Terbaru dan Gratis di Kalibiru

Kompas.com - 27/08/2015, 09:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KULON PROGO, KOMPAS.com - Spot foto 1 di obyek wisata alam Kalibiru menjadi favorit bagi para wisatawan untuk berfoto. Puluhan hingga ratusan orang ingin berfoto di spot foto 1 walaupun dikenakan biaya Rp 15.000 untuk tiga menit.

Salah satu wisatawan asal Bogor mengaku harus menunggu selama 2 jam untuk dapat berfoto dengan latar belakang Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh. Namun terdapat satu spot foto terbaru yang dapat digunakan oleh para wisatawan.

"Ayunan hasil sumbangan ini baru datang. Pengunjung bisa berfoto di sini gratis," tutur Ketua Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Mandiri di Dukuh Kalibiru, Parjan kepada KompasTravel di Kalibiru, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (22/8/2015) lalu.

Ia mengatakan terdapat dua buah ayunan yang dapat digunakan untuk bermain dan juga berfoto. Parjan berharap fasilitas gratis ini dapat dijaga oleh para wisatawan.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berfoto di atas ayunan baru di obyek wisata alam Kalibiru, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/8/2015).
Jika ingin mendapatkan satu spot foto yang baru di Kalibiru, Parjan menyarankan untuk berjalan ke arah spot foto 3. Spot foto tersebut dapat terlihat dengan jelas karena warna yang cerah.

Pantauan KompasTravel, dua buah ayunan berada di sebuah bukit kecil dekat spot foto 3 dan menara pengamatan. Ayunan tersebut berwarna paduan kuning, biru, dan hijau. Terdapat masing-masing dua buah bangku di setiap ayunan. Di belakang masing-masing ayunan, pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh dapat terlihat. Untuk dapat mencapai ayunan tersebut, wisatawan akan melewati tanah berbatu dengan sedikit menanjak.

Obyek wisata alam Kalibiru memiliki titik paling tinggi yaitu 450 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kalibiru memiliki tiga spot foto di atas pohon dengan tarif Rp 10.000-Rp 15.000. Untuk masuk ke dalam area Kalibiru, wisatawan ditarik biaya sebesar Rp 5.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com