Kompas.com - 27/08/2015, 18:34 WIB
Sore di kampung wisata Bontang Kuala, Bontang, Kaltim, Jumat (7/8/2015). Warga bercengkerama di kafe di dermaga. KOMPAS/PRASETYO EKO PRIHANANTOSore di kampung wisata Bontang Kuala, Bontang, Kaltim, Jumat (7/8/2015). Warga bercengkerama di kafe di dermaga.
EditorI Made Asdhiana
KOTA Bontang di Kalimantan Timur, rumah dari Pupuk Kaltim atau PT Badak LNG, mungkin terdengar asing bagi sebagian warga Jakarta. Padahal, di luar status kota industri 240 kilometer sebelah utara Balikpapan, kawasan ini memiliki daya tarik luar biasa, yaitu kampung-kampung yang berada di atas laut.

Keindahan laut dan pesisir Bontang memang belum dikembangkan maksimal. Namun, ada kawasan yang warganya mulai berbenah demi menarik wisatawan, yakni di Bontang Kuala. Bontang Kuala berada di tepi pantai Bontang, masih di daratan Kalimantan.

Bontang Kuala menjadi tempat wisata populer di Bontang. Warga di kampung ini tinggal di rumah panggung. Jumlahnya ribuan dengan kondisi yang sangat rapi.

Di ujung kampung terdapat kafe dan warung makan yang digunakan warga untuk bersantai sambil menikmati udara laut. Semakin malam, kampung itu tambah ramai dengan warga yang bersantai. Pengunjung bisa menikmati kuliner khas pesisir, ikan bakar segar dan masakan lainnya. Oleh-oleh seperti produk olahan rumput laut dan teripang pun ada.

Selain itu, wisatawan juga bisa berperahu melintasi sela-sela rumah atau di bawah jalan dan jembatan kampung. Tak heran, sebagian warga Bontang dengan bangga menyebut Bontang Kuala sebagai ”Venice van Borneo”.

Kampung ini terlihat dikelola dengan sangat baik, beda jauh dengan pesisir di Jakarta yang kumuh. Tak ada sampah berserak di Bontang Kuala, udara begitu segar, hutan mangrove rimbun terpelihara. Kampung di atas air itu tepat menjadi penyegar, menepi dari segala kebisingan kendaraan bermotor dan kesesakan kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.