Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung di Atas Laut Kota Bontang

Kompas.com - 27/08/2015, 18:34 WIB
KOTA Bontang di Kalimantan Timur, rumah dari Pupuk Kaltim atau PT Badak LNG, mungkin terdengar asing bagi sebagian warga Jakarta. Padahal, di luar status kota industri 240 kilometer sebelah utara Balikpapan, kawasan ini memiliki daya tarik luar biasa, yaitu kampung-kampung yang berada di atas laut.

Keindahan laut dan pesisir Bontang memang belum dikembangkan maksimal. Namun, ada kawasan yang warganya mulai berbenah demi menarik wisatawan, yakni di Bontang Kuala. Bontang Kuala berada di tepi pantai Bontang, masih di daratan Kalimantan.

Bontang Kuala menjadi tempat wisata populer di Bontang. Warga di kampung ini tinggal di rumah panggung. Jumlahnya ribuan dengan kondisi yang sangat rapi.

Di ujung kampung terdapat kafe dan warung makan yang digunakan warga untuk bersantai sambil menikmati udara laut. Semakin malam, kampung itu tambah ramai dengan warga yang bersantai. Pengunjung bisa menikmati kuliner khas pesisir, ikan bakar segar dan masakan lainnya. Oleh-oleh seperti produk olahan rumput laut dan teripang pun ada.

Selain itu, wisatawan juga bisa berperahu melintasi sela-sela rumah atau di bawah jalan dan jembatan kampung. Tak heran, sebagian warga Bontang dengan bangga menyebut Bontang Kuala sebagai ”Venice van Borneo”.

Kampung ini terlihat dikelola dengan sangat baik, beda jauh dengan pesisir di Jakarta yang kumuh. Tak ada sampah berserak di Bontang Kuala, udara begitu segar, hutan mangrove rimbun terpelihara. Kampung di atas air itu tepat menjadi penyegar, menepi dari segala kebisingan kendaraan bermotor dan kesesakan kota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com