Kompas.com - 28/08/2015, 08:26 WIB
Pemandangan Waduk Sermo dilihat dari Bukit Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/8/2015). KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPemandangan Waduk Sermo dilihat dari Bukit Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/8/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
KULON PROGO, KOMPAS.com - Menjelang siang hari, Sabtu (23/8/2015), kami mulai bergegas untuk pergi menuju Kulon Progo. Di sana terdapat sebuah waduk di tengah pegunungan dengan pohon-pohon berdaun hijau. Pesona waduk dan pegunungan itu yang kami dan para wisatawan lain ketika melihat dari salah satu puncak bukit.

Nama obyek wisata yang KompasTravel dan rekan-rekan awak media kunjungi dalam salah satu rangkaian acara "Liputan dan Publikasi Potensi Wisata di DIY" yaitu Kalibiru. Beberapa tahun ke belakang, obyek wisata ini kian ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Itu yang diakui oleh Ketua Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Mandiri di Dukuh Kalibiru, Parjan.

Dengan mobil, kami menuju Jalan Magelang-Purworejo untuk sebelumnya dapat sampai di Kalibiru. Sejenak meninggalkan ramai kota yang terkenal dengan jalan Malioboro ini. Deret gedung-gedung tua, hotel-hotel, dan bangunan lain berganti menjadi sawah-sawah. Jalan tampak lengang.

Sekitar pukul 11.00 WIB, kami mulai memasuki area di dekat Waduk Sermo. Laju mobil melambat. Mobil-mobil, bus, dan motor yang tadi terlihat di Jalan Raya Magelang-Purworejo telah hilang. Kini jalan yang tadi mulus, berganti menjadi tanah berbatu. Saat jendela dibuka, debu-debu masuk melalui jendela.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Jalan berbatu ketika dalam perjalanan menuju obyek wisata alam Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/2015).
Di kiri dan kanan jalan yang berbatu ini, terdapat beberapa rumah warga. Kemudian ada pula, pohon-pohon jati yang tumbuh di lereng-lereng yang terjal. Batangnya berwarna putih. Tingginya hampir mencapai 20 meter.

"Itu ada pertigaan. Belok ke kanan. Ada tulisannya Kalibiru," kata salah satu awak media, Fathur mengarahkan jalannya mobil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.