Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Mini Wisata ke Kamboja

Kompas.com - 29/08/2015, 11:07 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

KOMPAS.com - Wisata di Kamboja menawarkan banyak kecantikan masa lalu. Penuh nuansa historis dan tradisional, cocok bagi mereka yang mencari kedamaian dan kearifan lokal. Berikut sedikit cara untuk menikmati Kamboja.

Obyek Wisata

Destinasi wisata d Kamboja dipenuhi oleh arsitektur dan bangunan tua bersejarah. Awali wisata dari Phnom Penh, ibu kota Kamboja. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi adalah Royal Palace dan National Museum. Royal Palace sendiri menampilkan bangunan bergaya Khmer, suku asli Kamboja.

Jika ingin menikmati kearifan agama Hindu dalam bentuk kota, kunjungi Angkor Wat. Tempat ini sering disebut dengan Kota Kuil. Masyarakat bahkan menganggapnya sebagai representasi surga di bumi.

Atau, menjelajah ke utara dekat perbatasan Thailand. Kunjungi Prasat Preah Vihear yang dibangun untuk menghormati Dewa Siwa.

Untuk merasakan nuansa lokal yang khas, bisa juga mengarah ke kawasan selatan yaitu ke Takeo. Di sini, masyarakat tidak berbelanja, mereka memetik sendiri kebutuhan mereka. Jangan khawatir mencari tempat menginap, ada banyak homestay yang dapat dipilih.

Kuliner

Jika mencari tempat makanan, salah satu tempat yang dapat dicoba adalah rumah makan Romdeng yang terletak di Phmon Penh. Di sini pengunjung dapat menikmati beragam olahan ikan dan kari. Atau jika berani, coba pesan tarantula goreng, rayap goreng, atau daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum).

KOMPAS/MADINA NUSRAT Sopir tuk-tuk mengemudi berkeliling kawasan Candi Angkor, Siem Reap, Kamboja. Tuk-tuk merupakan transportasi yang diandalkan untuk berwisata di kawasan Angkor karena luasnya kawasan Candi Angkor mencapai 200 kilometer persegi.
Festival

Kamboja memiliki beberapa perayaan besar. Beberapa di antaranya Tahun Baru Khmer, yang jatuh pada 13 April. Royal Ploughing Ceremony, upacara sebagai tanda awal musim tanam dan diadakan setiap Mei di depan museum nasional.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com