Kompas.com - 30/08/2015, 13:15 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JEMBER, KOMPAS.com - Untuk kedua kalinya, Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) digelar dalam rangkaian Jember Fashion Carnival (JFC) International Event ke 14, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (29/8/2015). WACI merupakan program yang diinisiasi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, dan pertama digelar di tahun 2014 dalam satu rangkaian JFC.

Ada tujuh provinsi yang akan tampil dalam pelaksanaan WACI. Di antaranya, DKI Jakarta diwakili Gading Nite Carnival, Kepulauan Riau diwakili Tanjung Pinang Carnival, Kalimantan Timur diwakili Tenggarong Kutai Carnival, Bali diwakili Kuta Carnival, Jawa Tengah diwakili Solo Batik Carnival, Jawa Barat diwakili Cirebon Carnival, dan Jawa Timur diwakili JFC sendiri.

“Sebenarnya ada 10 provinsi yang hadir pada pelaksanaan JFC ke-14 ini, namun tiga provinsi yakni Aceh, Nusa Tenggara Timur, dan Medan, statusnya masih sebagai peninjau. Jadi mereka belum tampil dalam pelaksanaan WACI kedua,” ungkap Presiden WACI, Akhyarudin.

KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Peserta WACI dari Provinsi Bali, dalam kegiatan Jember Fashion Carnival (JFC) International Event ke 14, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (29/8/2015).
Keberadaan WACI, lanjut Akhyarudin, diharapkan mampu menyatukan budaya nasional Indonesia dalam satu forum karnaval. “Nah, JFC sudah memiliki nama besar sebagai event karnaval modern di dunia, JFC diakui dunia sebagai karnaval terbaik nomor empat di dunia. Momen inilah, kami di WACI bersama JFC ingin mengangkat Indonesia secara keseluruhan,” kata Akhyarudin.

Untuk mengangkat Indonesia sebagai wisata karnaval, peserta yang mengikuti kegiatan WACI, akan mengangkat kebudayaan lokal masing-masing provinsi. “Seperti di Jawa Timur yang diwakili JFC, mengangkat defile Reog, kemudian Jawa Tengah mengangkat kekayaan batik,” terang Akhyarudin.

Untuk bisa tampil dalam WACI, para peserta dari masing-masing provinsi, harus memenuhi sejumlah indikator yang telah disyaratkan oleh JFC. “Jadi ada standarisasi yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta, tetapi tidak sama dengan JFC, sehingga akan terlihat kebudayaan masing- masing provinsi,” katanya.

Akhyarudin menargetkan, dalam jangka waktu empat tahun mendatang, seluruh provinsi di Indonesia sudah memiliki model karnaval modern, yang menampilkan kekayaan kebudayaan masing-masing daerah. “Kita baru mulai tahun 2014 lalu, dan tahun 2015 ini tahun kedua, jadi setiap tahun kita targetkan muncul di masing-masing provinsi, sehingga Indonesia akan lebih dikenal, dan mampu mendongkak kunjungan wisatawan mancanegara,” kata Akhyarudin.

KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Peserta WACI memperagakan busananya, dalam kegiatan Jember Fashion Carnival (JFC) International Event ke 14, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (29/8/2015)
Salah satu pengunjung, Nazila, mengaku sangat terkesan dengan pelaksanaan WACI di tahun 2015. “Jadi kostum yang digunakan dari masing-masing provinsi, mencerminkan kebudayaan lokalnya, seperti dari Bali dan Solo sangat kental dengan kekayaan bangsa ini,” katanya.

Pengunjung lainnya, Sugiarto, mengaku puas dengan pelaksanaan WACI karena kostum serta talent yang tampi memperagakan busananya sudah sangat terlatih. “Ini catwalk-nya di jalan, mereka sudah sangat luar biasa, apalagi saya lihat kostumnya kayaknya berat-berat. Pokoknya enggak rugi nonton WACI,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.