Menyusuri Bentang Alam di Selatan Manggarai Timur

Kompas.com - 30/08/2015, 14:39 WIB
Pantai Watukodi di Kabupaten Manggarai Timur, NTT. KOMPAS.COM/MARKUS MAKURPantai Watukodi di Kabupaten Manggarai Timur, NTT.
|
EditorI Made Asdhiana
DARI hari ke hari bermunculan potensi pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur yang belum tersentuh. Menyusuri bentang alam di sisi selatan Kabupaten Manggarai Timur yang dimulai dari Kelurahan Watu Nggene, Desa Bamo dan Kelurahan Tana Rata tidaklah membuang waktu, melainkan menikmati keindahan alam yang disuguhkan bagi pencinta alam dan petualang.

Selama ini bentang alam pesisir Pantai dari Pantai Mbolata sampai di Pantai Nanga Rawa hanya dinikmati oleh penggembala ternak sapi, kerbau dan kambing. Mengapa? Padang savana yang terbentang dari Mausui sampai di Watukodi, Nanga Rawa merupakan tempat pelepasliaran ratusah hewan dari warga masyarakat setempat.

Selasa (25/8/2015), KompasTravel dari Kota Waelengga, ibu kota Kecamatan Kota Komba mengikuti rombongan dari pejabat Pemerintah Kecamatan Kota Komba dan aparat keamanan yang mengunjungi padang savana Poma Sambi dan Lembah Leketure.

Kesempatan itu tak disia-siakan dimana KompasTravel baru pertama kali mengunjungi wilayah Padang Savana Poma Sambi, Pantai Watukodi dan Pantai Nanga Rawa yang berada di Kampung Nanga rawa, Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur.

Apa yang saya rasakan, saya sangat terkagum dan tersentak dengan suguhan alam yang dianugerahkan oleh maha pencipta bagi manusia yang hidup di bumi Indonesia pada umumnya dan di Pulau Flores pada khususnya.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Nanga Rawa di Kabupaten Manggarai Timur, NTT.
Tapi, di samping itu hati saya miris dengan kondisi kampung dan lingkungan serta infrastruktur yang masih tertinggal. Rumah warga masyarakat yang masih beratapkan alam dan berdindingkan pelupuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X