Kompas.com - 31/08/2015, 14:31 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena peningkatan suhu atau El Nino di Indonesia membuat beberapa operator wisata arung jeram di beberapa tempat sulit beroperasi. Suhu yang meningkat membuat ketinggian air sungai turun di bawah normal dan tidak bisa diarungi.
 
Wisata body rafting Green Canyon misalnya, ketinggian air hanya mencapai sekitar 40 centimeter, sedikit di bawah normal (60-70 centimeter). Akibatnya, pengunjung yang ingin melakukan body rafting terpaksa harus melewati beberapa area dengan berjalan kali.
 
"Kalau masuk di area jalan kaki biasanya mereka manfaatkan untuk foto," ujar Yuhana, Marketing GuhaBau Rafting saat dihubungi KompasTravel melalui telepon, Kamis (27/8/2015).
 
Kondisi Sungai Progo di Yogyakarta lebih memprihatinkan. Debit air di sini sangat kecil sehingga tidak bisa diarungi. Edi Pangestu, operator jeram Arus Progo mengaku terpaksa menutup pelayanan arung jeram di sungai karena sudah tidak memungkinkan. 
 
"Jalur utama sudah tidak bisa dilalui, tapi kalau jalur alternatif mungkin bisa, cuma hanya untuk santai-santai," paparnya.
 
Jumlah pengunjung Arus Progo tahun ini di musim yang sama, juga menurun hingga di bawah lima ratus. Padahal biasanya Edi bisa melayani lebih dari 600 pengunjung pada musim ini.

Namun, berbeda dengan situasi di Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur. Menurut Opek, operator Regulo yang beroperasi di sungai ini, debit air Sungai Pekalen 2-3 tahun terakhir masih sama dan masih dapat diarungi. Jumlah pengunjung juga stabil, rata-rata 100 orang di musim sepi pengunjung dan 200 orang di musim padat pengunjung.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.