Kompas.com - 02/09/2015, 19:06 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

ANAMBAS, KOMPAS.com - Suatu pagi yang indah di Desa Tarempa, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas. Kepulauan yang berbatasan langsung dengan Laut Tiongkok Selatan ini menyimpan pesona alam yang luar biasa.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mensyukuri karunia Tuhan ini adalah mendatangi sejumlah pulau kecil di Anambas. Kali ini, ada referensi tentang sebuah pulau kecil, berjarak 5 kilometer dari Desa Tarempa.

Sebuah pulau ibarat kepingan surga yang jatuh di Indonesia. Orang di sana menyebutnya Pulau Teles. Yah, nama ini tentu belum familiar bagi masyarakat di luar Anambas. Perairan di sekitar pulau ini memiliki air berwarna biru nan jernih.

Dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam menggunakan perahu kecil (pompong) dari Desa Tarempa, pengalaman menginjak Pulau Teles tak akan terlupa. Sebelum beberapa meter memasuki pulau tersebut, di kejauhan dia sudah memesona.

Perpaduan tumbuhan yang menghijau, pasir yang putih dan gradasi air laut dua warna; hijau dan biru, membuat Anda ternganga menyaksikannya. Sedikit mendekat lagi, air laut semakin jernih. Wajar, hasrat untuk langsung menyebur tak akan tertahan!

teles
Air yang jernih menggoda siapapun untuk berenang di perairan sekitar pulau ini.  (Tribun Batam/Elizagusmeri)

Anda harus berenang di pulau Teles, jika tidak, perjalanan Anda tak akan sempurna! Alasannya sederhana, "kolam renang" alam yang terbentang luas ini tidak hanya asyik untuk tempat bermain air tetapi ada satu nilai plus, pulau ini menyuguhkan pemandangan bawah laut yang bisa ditonton dengan mata telanjang.

Tidak menyelam pun, kita sudah bisa melihat ke dasar laut berbagai tumbuhan laut dengan bermacam bentuk, ukuran, dan warna. Tampak bintang laut, kerang yang cantik, dan ikan-ikan yang berwarna.

Pulau ketenangan

Bising dengan daerah kota? Tinggalkan saja semua itu, ambil cuti atau rehat sejenak. Pergilah memanjakan diri di pulau ini. Memang pulau yang tidak begitu besar itu belum berpenghuni dan tidak ada penginapan di sana.

Tetapi itu bukan masalah untuk menyinggahinya, Anda bisa menginap di Desa Tarempa, Anambas. Pulau Teles berdampingan dengan beberapa pulau eksotis lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.