Ikan Seluang Goreng Khas Palembang, Garing dan Gurih...

Kompas.com - 07/09/2015, 13:35 WIB
Ikan seluang goreng ARSIP DOYANKULINER.COMIkan seluang goreng
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Saya lagi mampir ke Sari Sanjaya, salah satu tempat makan langganan untuk makan menu pempek Palembang di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tetapi kali ini pempeknya saya pesan untuk dibungkus saja, dan siang itu kami memesan menu yang belum pernah saya coba sebelumnya.

Restoran Sari Sanjaya di Kelapa Gading selalu ramai. Walaupun sudah menggunakan 2 ruko sekaligus, restoran ini tidak pernah sepi, karena memang menu-menu makanan di sini enak-enak. Saya memesan menu tekwan, pempek panggang dan Ikan Seluang Goreng dengan nasi putih.

Tekwan merupakan salah satu makanan khas Palembang, terbuat dari campuran daging ikan dan sagu, dan diisikan dengan kuah udang yang panas dengan rasa yang khas. Tekwan juga bisa ditemani dengan bihun, dan tekwan yang di Sari Sanjaya enak dan segar.

ARSIP DOYANKULINER.COM Tekwan
Nah kalau ke sini selalu membeli pempek goreng, kali ini ingin mencoba pempek panggang.

Yang membedakan tentu cara masaknya. Kalau yang ini dipanggang, bentuknya bulat pipih yang tengahnya di belah dan di isi dengan campuran ebi, cabe rawit dan kecap manis. Jadi rasa isinya pedas manis dan sedikit asin. Ternyata pempek panggang juga tidak kalah enak.

Menu terakhir adalah menu Ikan Seluang Goreng. Kalau saya baca-baca ikan seluang ini tidak hanya ada di Palembang, tetapi ada juga di Kalimantan.

ARSIP DOYANKULINER.COM Pempek panggang.
Ikan Seluang adalah jenis ikan sungai, ukurannya juga kecil-kecil, dan untuk rasa, hmm... garing dan gurih, apalagi dicocol dengan sambel yang sudah di sediakan, mantap! Ikan Seluang Goreng juga cocok banget kalau disantap bersama nasi putih hangat.

Wah ternyata menu-menu yang belum pernah saya coba juga enak-enak, masakan khas Palembang memang mantap. (Frans)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X