Kompas.com - 07/09/2015, 20:04 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Laos adalah negara “kejepit” yang berada di tengah Asia. Posisinya dikurung oleh Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Myanmar, membuat Laos tak memiliki batas laut sama sekali. Berwisata ke Laos adalah wisata budaya dan alam. Berikut panduan mininya.

Wisata budaya

Jika senang melihat kekayaan adat dan festival lokal, coba berkunjung ke Kota Luang Prabang. Kota ini sendiri sudah disebut Kota Budaya dan diakui sebagai Kota Warisan Budaya UNESCO. Kunjungi Desa Ban Ouay, Ban Ou, dan Ban Thapene. Ini adalah tempat tinggal etnis Lao, suku asli Laos yang masih murni.

Atau, dapat datang ke Desa Ban Pick Noi dan Ban Pick Nyai, untuk melihat etnis Youane dan etnis Leu. Bisa juga pergi ke Biara Vat Xieng Thong dan Vat Vixuon. Jika ingin membawa pulang karya tangan asli etnis ini, kunjungi Pasar Malam yang terletak di sepanjang area Musium Nasional (bangunan bekas Istana Negara).

Para pencinta monumen dan bangunan bersejarah, pergi ke Vientiane. Tempat ini menyimpan banyak bangunan bersejarah seperti Wat Sisake, kuil tertua yang selamat dari perang Siamese 1828. Ada juga kuil Ho Prakeo. Atau That Luang Stupa, monumen terpenting yang ada di Laos. Jangan lewatkan juga Patouxay, bangunan yang dibuat untuk mengenang para korban perang dunia II. Bangunan ini menjadi symbol Vientiane.

Wisata alam

Pada dasarnya, tempat apa pun yang ingin dikunjungi di Laos seringnya harus ditempuh dengan susur sungai atau bisa juga dengan menyewa sepeda. Jadi, perjalanan itu sendiri sudah menjadi wisata alam menarik.

Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan sunset dari sungai menuju Luang Prabang. Jika suka dengan olahraga air atau sekedar ingin menantang diri pengunjung dapat melompat dari air terjun di Vang Vieng, atau berkayak di Sungai Mekong. Senang trekking? Coba ke Phou Khao Khouay.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.