Kompas.com - 08/09/2015, 09:51 WIB
EditorI Made Asdhiana
BOGOR, KOMPAS.com - Salah satu penjual soto kuning di Jalan Surya Kencana, Bogor, yang belum pernah saya coba adalah soto kuning pak M Yusuf. Soto ini menempati sebuah ruko yang lumayan besar dan di depan gebrobaknya terdapat spanduk warna yang cukup besar.

Weekend kemarin saya mengajak teman saya Benjamin dan Vera untuk wisata kuliner di Bogor. Memang tujuan utamanya selain mencoba soto kuning, Benjamin dan Vera juga ingin mencoba bakso kikil pak Jaka yang tidak jauh dari soto kuning Pak Yusuf ini.

Soto Kuning Pak Yusuf yang saya datangi kali ini memang ramai sekali, karena pas weekend saya datangnya. Di dalam penuh sekali dan kami akhirnya duduk di depan saja, dan kalau didepan memang hanya bisa untuk sekitar enam orang saja.

ARSIP DOYANKULINER.COM Soto kuning pak Yusuf di Bogor, Jawa Barat.
Saya sendiri memesan isi daging saja, bagi yang suka jeroan disini juga cukup komplit, ada iso, babat, paru, dan kikil. Soto ini memang mempunyai ciri khas kuahnya berwana kuning.

Kalau Anda pergi ke Bogor tentu bakal menemui banyak penjual soto kuning yang merupakan salah satu makanan khas Bogor, namanya juga mirip-mirip, ada pak Yusup, dan ada pak Yusuf.

Dagingnya memang empuk, kuahnya sedap. Dan saya perhatikan daging didalamnya ada dua bentuk, satu yang di iris-iris dan yang satunya berupa potongan, nah yang potongan ini lebih empuk dan lebih enak.

ARSIP DOYANKULINER.COM Soto kuning pak Yusuf di Bogor, Jawa Barat.
Menurut Benjamin dan Vera soto kuning pak Yusuf juga lumayan enak, bumbunya tidak terlalu medok, kuahnya walau soto kuning tetapi lebih condong ke kaldu dari rebusan dagingnya.

Jadi bagi Anda yang ingin wisata kuliner ke Bogor memang wajib mencicipi soto kuning ini dan salah satu rekomendasinya Soto Kuning Pak Yusuf ini. (Frans)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.