Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kota-kota dengan Tarif Hotel Termahal di Asia Pasifik

Kompas.com - 08/09/2015, 19:09 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com –Tarif kamar hotel di Tokyo (Jepang), Sydney (Australia), dan Singapura masuk dalam daftar tarif kamar termahal di Asia Pasifik pada bulan April hingga Juni 2015. Dengan rata-rata harga 258 dolar Singapura (sekitar Rp 2,5 juta), Tokyo menjadi kota dengan peningkatan harga tertinggi yaitu 33,3 persen (perbandingan tahun ke tahun) di Asia Pasifik.

Data tersebut berdasarkan hasil studi "HRS Q2 2015 Hotel Price Radar" yang dikeluarkan oleh HRS Corporate. Mayoritas studi pasar melihat kepastian pertumbuhan hingga dua digit pada periode yang sama, berdasarkan perbandingan tahun ke tahun.

Hanya Seoul (Korea Selatan) yang menjadi pengecualian, pertumbuhannya hanya 4 persen dalam harga, penyebabnya kemungkinan besar karena wabah Middle East Respiraory Syndrome (MERS) di Korea Selatan yang terjadi pada Mei-Juni kemarin. Pengecualian lainnya adalah Kuala Lumpur (Malaysia) yang peningkatan harganya hanya mencapai 9 persen jika dibandingkan dengan dua daerah di kota ini tahun 2014.

Hotel Price Radar melakukan perhitungan melalui data yang dikumpulkan dari pemesanan hotel yang dilakukan oleh 40.000 klien melalui portal HRS di dua daerah kota selama periode tahun 2015, dan menganalisa harga kamar per malamnya, lalu membandingkannya dengan periode yang sama tahun lalu. Rata-rata harga kamar merupakan cerminan dari permintaan atau kebutuhan reservasi hotel di pasaran atau sebagai destinasi selama periode tertentu.

Direktur Manajer, untuk HRS di Asia Pasifik, Todd Arthur mengatakan penafsiran data yang didapat dari HRS Q2 2015 Hotel Price Radar dapat menjadi indikasi permintaan peningkatan kualitas reservasi hotel di area tersebut. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com