Kompas.com - 10/09/2015, 16:44 WIB
Air Terjun Tujuh Bidadari di Aceh Utara, Provinsi Aceh. KOMPAS.COM/MASRIADIAir Terjun Tujuh Bidadari di Aceh Utara, Provinsi Aceh.
|
EditorI Made Asdhiana
SUARA gemuruh air mengalir terdengar jelas dan keras. Percikan air menimpa batu mengeluarkan uap. Di sekelilingnya hutan perawan membekap air terjun itu. Masyarakat lokal menyebutnya Air Terjun Tujuh Bidadari.

Inilah pesona wisata baru di Aceh Utara. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan jalur Punteut Lhokseumawe ke Geureudong Pase, Aceh Utara. Jalanan ini beraspal mudah dilalui. Namun, memasuki kawasan hutan sangat sulit dilalui. Jalanan berlumpur dan mendaki.

Bagi Anda penggemar olahraga motor trail, di sinilah tempat yang cocok memacu adrenalin. Masyarakat menyebut jalur ini “Barak Komando”. Ketika konflik terjadi di Aceh, Gerakan Aceh Merdeka (GAM) mendirikan barak di kawasan ini.

KOMPAS.COM/MASRIADI Air Terjun Tujuh Bidadari di Aceh Utara, Provinsi Aceh.
Barak itulah yang disebut Barak Komando yang letaknya secara geografis berada di Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara.

“Dulu ketika konflik kawasan itu ada divisi satu, dua, dan seterusnya. Ketika PT Satya Agung membuka perkebunan sawit di sana, namanya berubah menjadi barak,” ujar Ibnu Hasyim, tokoh masyarakat daerah tersebut kepada KompasTravel, Rabu (9/9/2015).

Untuk menuju air terjun tersebut harus membelah paya atau Alue Tualang, alur itu airnya mengalir ke Sungai Keureuto, Aceh Utara. “Memang akses jalannya masih sangat sulit. Tapi, di situ lah nikmatnya. Karena alamnya sangat indah,” ujar pria yang akrab disapa Lambeuso ini.

Nama Tujuh Bidadari menandakan karena air terjun itu tujuh tingkat dan mengalir deras. Kawasan pedalaman ini memang belum mudah diakses oleh masyarakat.

KOMPAS.COM/MASRIADI Air Terjun Tujuh Bidadari di Aceh Utara, Provinsi Aceh.
Selain Tujuh Bidadari, juga ada air terjun di Alue Ujeun, dan Alue Angkup Kecamatan Geureudong Pase. Kedua air terjun ini juga menawarkan pesona nan indah. “Umumnya pengunjung yang datang itu anak muda. Karena memang butuh energi ekstra membelah jalan,” ujar Lambeuso.

Bagi Anda pecinta air terjun, silakan menguji adrenalin ke air terjun ini. Silakan nikmati dinginnya air terjun nan perawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.